Minggu, 16 September 2012

Sistem Pengisian Sepeda Motor

Hai sahabat blogger di manapun anda berada, semoga anda selalu dalam lindungan-Nya. Kali ini saya akan bercerita tentang sistem pengisian pada sepeda motor.
Sistem pengisian adalah sistem kelistrikan pada kendaraan baik mobil atau sepeda motor untuk mengisi arus listrik ke dalam aki, atau bisa disebut dengan alat charger di kendaraan. Selain itu sistem pengisian juga berfungsi untuk menyuplai arus listrik pada kendaraan saat mesin telah hidup. Jadi sistem pengisian pada kendaraan sangatlah penting , karena kebutuhan listrik pada kendaraan sangat dibutuhkan pada mesin dan kebutuhan aksesories kendaraan lainnya. Jika tidak ada suplai listrik , maka mesin tidak dapat hidup. Dan jika tidak ada suplai listrik pada kendaraan ,maka lampu , tape , dan aksesories lainnya tak akan dapat menyala. Sementara seperti telah kita ketahui, bahwa suplai listrik dari aki tidak akan bertahan lama, karena listrik yang ada pada aki sangat terbatas jumlahnya dan dapat habis bila tidak di charge, karena itulah sistem pengisian sangat diperlukan pada kendaraan.

Komponen sistem pengisian pada sepeda motor yaitu :
  1. Spul pengisian dan magnet : berguna untuk menghasilkan tenaga listrik
  2. Kiprok : sebagai pengatur tegangan yang dihasilkan oleh sepul pengisian dan magnet

Cara kerja sistem pengisian pada sepeda motor adalah :

Magnet pada sepeda motor berputar karena menerima putaran dari crankshaft. Gaya magnet ini akan memotong spul pengisian sehingga menimbulkan arus listrik. Listrik yang dihasilkan ini akan dialirkan ke kiprok untuk diatur tegangannya sebelum dialirkan ke komponen listrik yang membutuhkan. Kelebihan listrik akan dialirkan ke aki untuk mencharge aki.

Demikianlah pengenalan sistem pengisian dan juga cara kerja sistem pengisian pada sepeda motor. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

0 comments:

Popular Posts