Minggu, 21 April 2013

Marquez Raih Pole, Pedrosa Membuntuti

Minggu, 21 April 2013 03:06 wib
Aksi pembalap Honda, Marc Marquez. (Foto: Reuters)
Aksi pembalap Honda, Marc Marquez. (Foto: Reuters)
AUSTIN - Repsol Honda benar-benar menunjukkan dominasinya jelang perlombaan MotoGP Austin. Setelah selalu menempatkan pembalapnya menjadi yang tercepat pada seluruh sesi latihan bebas, Repsol Honda pun kini menguasai sesi kualifikasi.

Pada kualifikasi yang berlangsung Minggu (21/4/2013) dini hari WIB tersebut, Marc Marquez, yang tampil luar biasa pada sesi latihan bebas, menorehkan catatan waktu tercepat, 2 menit 3,021 detik. Ini merupakan pole pertama yang diraih juara Moto2 2012 itu di ajang MotoGP.

Dani Pedrosa, yang pada sesi latihan bebas ketiga menjadi pembalap tercepat, akan start dari posisi dua, setelah menorehkan waktu 2 menit 3,275 detik, atau kedua tercepat setelah Marquez. Kemudian, posisi tiga ditempati juara bertahan MotoGP dari tim Yamaha, Jorge Lorenzo dengan raihan waktu 2 menit 4,100 detik.

Selanjutnya, di posisi empat ada pembalap satelit dari tim Tech 3, Cal Crutchlow yang mencatatkan waktu 2 menit 4,267 detik. Kemudian disusul Stefan Bradl dari LCR dengan 2 menit 4,445 detik dan Andrea Dovizioso dari Ducati dengan catatan waktu 2 menit 4,873 detik yang menempati posisi lima dan enam.

Sementara itu, juara dunia tujuh kali pada kelas utama, Valentino Rossi harus puas menempati peringkat delapan dengan torehan waktu 2 menit 5,380 detik. Pada kualifikasi di seri pertama di Qatar lalu, The Doctor pun hanya menempati posisi tujuh, namun saat lomba, ia mampu finis di urutan dua, di belakang rekannya, Lorenzo.

Berikut hasil lengkap kualifikasi MotoGP Austin:
Pos - Pembalap - Tim/Motor - Waktu - Gap
1. Marc Marquez Honda 2m03.021s
2. Dani Pedrosa Honda 2m03.275s + 0.254s
3. Jorge Lorenzo Yamaha 2m04.100s + 1.079s
4. Cal Crutchlow Tech 3 Yamaha 2m04.267s + 1.246s
5. Stefan Bradl LCR Honda 2m04.445s + 1.424s
6. Andrea Dovizioso Ducati 2m04.873s + 1.852s
7. Alvaro Bautista Gresini Honda 2m04.942s + 1.921s
8. Valentino Rossi Yamaha 2m05.380s + 2.359s
9. Aleix Espargaro Aspar Aprilia 2m05.389s + 2.368s
10. Nicky Hayden Ducati 2m05.568s + 2.547s
11. Bradley Smith Tech 3 Yamaha 2m06.740s + 3.719s
12. Ben Spies Pramac Ducati 2m07.044s + 4.023s
13. Andrea Iannone Pramac Ducati 2m06.872s Q1
14. Randy de Puniet Aspar Aprilia 2m07.129s Q1
15. Hector Barbera Avintia FTR-Kawasaki 2m07.717s Q1
16. Yonny Hernandez PBM Aprilia 2m07.738s Q1
17. Michael Laverty PBM-Aprilia 2m08.259s Q1
18. Colin Edwards Forward FTR-Kawasaki 2m08.475s Q1
19. Claudio Corti Forward FTR-Kawasaki 2m08.792s Q1
20. Danilo Petrucci Ioda-Suter-BMW 2m08.825s Q1
21. Hiroshi Aoyama Avintia FTR-Kawasaki 2m09.062s Q1
22. Bryan Staring Gresini FTR-Honda 2m10.098s Q1
23. Lukas Pesek Ioda-Suter-BMW 2m10.507s Q1
24. Blake Young Attack APR-Kawasaki 2m10.606s Q1
25. Karel Abraham Cardion Aprilia 2m23.317s Q1

Yamaha Byson, Sempat Dikira Versi 250 cc


Ingin dongkrak kapasitas silinder tanpa bore up mesin, mungkin bisa ikutin trik yang dilakukan Bro Zulkarnain Gobel, si empunya Yamaha Byson. Kenapa begitu? Sebab pasca custom motor dengan cara bolt on dan tiap kali meluncur ke tempat gaul, ada aja orang yang kira itu Yamaha Byson 250 cc.

“Lucunya kalau ada orang yang dekat ke motor, rata-rata pada bilang begitu. Saya pun bingung jawabnya. Padahal saya cuma modif tampilan luar pakai bodi kit bikinan Lent Automodified. Kebetulan dia punya master cetakan khusus buat Byson custom,” aku warga Komp. Wisma Asri, Bekasi, Jawa Barat itu.

Banyaknya orang pikir Byson baru, karena bodi kit garapan modifikator asal Probolinggo, Jawa Timur itu hasilnya terbilang detail. Mulai dari bentuk, hingga tiap lekukannya. Makanya kalau dikelir ulang dengan desain cat seperti asli Byson, orang banyak yang terkecoh.


Sipnya lagi, Zulkarnain yang karib disapa Gobel bilang kalau bodi kit mudah diaplikasi ke motor. “Buktinya ini, semua bodi kit dipasang sendiri dan cuma dibantu saudara. Kecuali, pasang kaki-kaki aja yang butuh ketelitian mekanik,” ucap pria asli Gorontalo yang lahir di Makasar, Sulawesi Selatan.

Untuk urusan modifikasi motor sport, Gobel mengaku baru kali ini turun langsung. Tapi, karena bodi kit diseting ala bolt on, semua part kiriman itu dipasang sangat mudah. Mulai dari pemasangan kondom tangki, shroud, cover engine hingga cover buritan, semua disusun dan diikat baut ke braket yang memang sudah tersedia di Byson.

Tak hanya bagian cover bodi yang dipasang sendiri. Lihat juga cover lampu depan, bagai muka robot yang apik terpasang. Digarap seperti itu, lantaran bagian dalam mika lampu asli diisi bohlam projector. “Makanya kelihatan lebih gagah meskipun hanya pakai 1 bohlam lampu saja,” bangga Gobel.


Seperti dikatakan di awal, ada beberapa part aftermarket yang mesti dikerjakan ahlinya. Gobel pun lantas menunjuk upside down merek Ride It. Meskipun secara teknis, si penjual peredam kejut ini bilang kalau produknya bisa juga dipasang sendiri.

“Masalahnya bukan cuma mudah di pasang. Tapi, saya tidak tahu gimana cara seting komponen ini saat akan diapliaksi ke komstir. Jika salah seting, setang akan sulit dikendalikan. Ini saja saya minta bantuan mekanik resmi Yamaha, yang sudah pasti tahu betul gimana setingan komstir Byson,” imbuhnya.

Tak hanya pasang upside down, lengan ayun RD Racing juga minta bantuan mekanik Yamaha buat pasangnya. Dan, doi berpikir kalau bukan dikerjakan ahlinya, bisa jadi motor enggak nyaman atau malah membahayakan diri sendiri.

“Secara teori sih kelihatan gampang. Apalagi arm ala moge itu tinggal pasang ke as lengan ayun, trus monosok aslinya masih bisa dipakai tanpa ubah breket. Baru deh, ban ukuran tapak lebar bisa dipakai jika pakai lengan ayun ini,” tutup Gobel yang tetap pakai ban Battlax 120/60-17 dan 160/60-17. (motor.otomotifnet.com)

Honda CB150R, Versi Limited Edition?


Tren modifikasi motor sport akhir-akhir ini semakin menarik. Hal inilah membuat pemilik dealer Honda Kharisma Perkasa Dewata (KPD) tertarik mengubah sosok motor sport Honda CB150R. “Sempat kelimpungan mencari konsep apakah yang sesuai dengan motor ini,” buka Rudien Prayitno pemilik dealer Honda KPD ini.

Akhirnya, Rudien bekerja sama dengan modifikator kondang dari Bali. Yaitu, Rian Cahyadi dari Aboben Variasi, untuk mewujudkan konsep motor sport Honda CB150R ini.

“Setelah konsultasi, sengaja memilih konsep yang simpel saja dan mempertahankan tampang aslinya,” buka pria asal Surabaya, Jawa Timur ini dengan senyum khasnya. Iya, kan biar ciri CB150R enggak hilang, bro. Karena dipakai launching CB150R di sana.

Langkah awal, menanggalkan sok depan teleskopik dengan menggantinya pakai sok upside down. “Selain menunjang tampilan, pemasangannya pun tidak terlalu ribet. Sudah ada satu paket, antara suspensi dan dudukan segitiganya,” sebutnya.

Agar kesan racing mencuat, pemasangan footstep bergaya underbone juga dilakukan. “Footstep bergaya balap ini semakin menegaskan konsep motor racing pada modifikasi CB150R ini,” bilang Rudien.


Belum cukup sampai situ, akhirnya tangki maupun seluruh bodinya pun dipermak abis dengan mengubah warna. “Kan temanya bernuansa racing,” sebut pemilik dealer di bilangan Gatot Subroto Barat Denpasar.

Maka itu, pemilihan warna tidak asal pilih. Agar kental nuansa Honda Racing, konsep warna MotoGP edisi Repsol Limited Edition pun jadi pilihan utama. Warna dominan orange serta warna silver, menyelimuti hampir seluruh bagian bodi.

Seperti tangki, cover bodi, spidometer, headlamp maupun peleknya disemprot warna orange. Sedangkan rangkanya, sengaja disemprot dengan warna silver. Setelah selesai dipermak ulang warna baru, finishing akhirnya sedikit dipemanis dengan cutting stiker Repsol serta bintang-bintang.

Pilihan warna Repsol ini merujuk pada model di underbone Honda juga sih. Yaitu, Honda Blade. “Pada Blade ada versi limited edition dengan warna Repsol Honda di ajang MotoGP,” ungkap Rudien.

Dan secara keseluruhan CB150R ini sudah benar-benar berbeda. Polesan sedikit tapi hasilnya memuaskan. Suara knalpot dari R9 yang gahar, juga ikut memberikan nuansa racing yang kental. Sebab, ketika digeber, seakan melaju di sirkuit!

“Tarikan lebih enteng,” sebut Rudien. Blarrr... (motorplus-online.com)

Minggu, 07 April 2013

Lorenzo Pimpin Lomba di Losail

 
 
DOHA – Jorge Lorenzo mematahkan ambisi Cal Crutchlow untuk merebut posisi terdepan pada balapan MotoGP Qatar 2013. Hasil kualifikasi mencatat Lorenzo sebagai pembalap tercepat.

Meski sempat tampil kurang meyakinkan pada dua free practice terkahir, tapi Lorenzo kembali memperlihatkan kepiawaiannya dalam menggeber motor Yamaha di Sirkuit Losail dengan menjadi pembalap tercepat.

Pembalap asal Spanyol itu mencatat waktu 1 menit 54.714 detik. Lorenzo unggul 0.202 detik dari Crutchlow yang sempat menjadi pembalap tercepat selama 15 menit, melalui format kualifikasi MotoGP yang baru.

Dani Pedrosa tidak kalah cemerlang pada sesi kualifikasi kali ini. Pembalap Repsol Honda itu berhasil menempati posisi ketiga dengan menorehkan catatan waktu 1 menit 55.151 detik. Tapi Pedrosa hanya kalah cepat 0.437 detik dari Lorenzo.

Andrea Dovizioso tidak tampil buruk pada sesi kualifikasi ini. Pembalap anyar Ducati menempati posisi keempat dengan membuat 1 menit 55.477 detik. Sedangkan Marc Marquez hanya menempati urutan keenam atau kalah satu peringkat dari Stefan Bradl.

Hasil Kualifikasi MotoGP Qatar
Pos Rider Team/Bike Time Gap
1. Jorge Lorenzo Yamaha 1m54.714s
2. Cal Crutchlow Tech 3 Yamaha 1m54.916s + 0.202s
3. Dani Pedrosa Honda 1m55.151s + 0.437s
4. Andrea Dovizioso Ducati 1m55.160s + 0.446s
5. Stefan Bradl LCR Honda 1m55.477s + 0.783s
6. Marc Marquez Honda 1m55.645s + 0.931s
7. Valentino Rossi Yamaha 1m55.711s + 0.997s
8. Alvaro Bautista Gresini Honda 1m55.870s + 1.156s
9. Bradley Smith Tech 3 Yamaha 1m56.315s + 1.601s
10. Andrea Iannone Pramac Ducati 1m56.523s + 1.809s
11. Nicky Hayden Ducati 1m56.667s + 1.953s
12. Aleix Espargaro Aspar Aprilia 1m57.064s + 2.350s
13. Ben Spies Pramac Ducati 1m57.440s (QP1)
14. Randy de Puniet Aspar Aprilia 1m57.551s (QP1)
22. Lukas Pesek Ioda-Suter-BMW 1m57.926s (QP1)
15. Yonny Hernandez PBM ART-Aprilia 1m58.058s (QP1)
19. Hiroshi Aoyama Avintia FTR-Kawasaki 1m58.263s (QP1)
18. Karel Abraham Cardion Aprilia 1m58.271s (QP1)
17. Colin Edwards Forward FTR-Kawasaki 1m58.361s (QP1)
20. Danilo Petrucci Ioda-Suter-BMW 1m58.486s (QP1)
24. Claudio Corti Forward FTR-Kawasaki 1m58.755s (QP1)
14. Hector Barbera Avintia FTR-Kawasaki 1m58.806s (QP1)
21. Bryan Staring Gresini FTR-Honda 1m58.912s (QP1)
23. Michael Laverty PBM-Aprilia 1m59.572s (QP1)

Popular Posts