Jumat, 17 Agustus 2012

Gasoline Direct Injection – GDI

                 Salah satu latest innovation dalam hal combustion mesin bensin adalah teknologi Direct Injection. Kalau selama ini mesin bensin menggunakan sistem port injection, dimana bahan bakar/fuel di semprotkan pada intake manifold, maka pada teknologi GDI bahan bakar langsung di inject kedalam ruang bakar seperti halnya mesin Diesel. Maka tidak salah kalau ada yang mengatakan GDI adalah hybrid antara mesin bensin dan diesel. So apa dibalik penemuan ini???Tentunya dorongan untuk menghasilkan sistem pembakaran mesin bensin yang lebih efisien, powerful dan ramah lingkungan. Bagaimana ketiga hal itu bisa dicapai oleh Sistem ini???

                                                                     BMW DI System

             Karena menggunakan direct injection, maka suhu didalam ruang bakar bisa lebih rendah dan efeknya kompressi ratio bisa ditingkatkan menjadi 1:12 tanpa harus mengalami gejala knocking.  Jadi dengan fuel beroktan rendah pun (87), mesin GDI bisa menghasilkan pembakaran yang lebih efficient (volumetric efficiency) dan juga increase power. Selain itu juga karena sifatnya yang unik ini, gas buang hasil pembakaran juga relatif lebih bersih sehingga ramah bagi lingkungan. Untuk menjalankan sistem ini maka dibutuhkan kontrol sistem yang reliable, dimana sensor dan ECU berperan sangat besar dalam menentukan kondisi pembakaran yang paling sempurna. Injector yang digunakan adalah injector yang dirancang khusus untuk mampu menyemprotkan bahan bakar pada tekanan 120 Bar agar fuel bisa teratomisasi dengan baik dan pembakaran bisa berlangsung dengan sempurna.


             Pada sistem yang didevelop oleh Bosch, ada 2 macam pembakaran yaitu Homogeneous dan Stratified, dan ini disesuaikan dengan kebutuhan driver. Pada saat butuh power, maka sistem akan memerintahkan injector untuk menyemprotkan fuel secara merata kedalam ruang bakar sehingga terbentuk homogeneous combustion dan sebaliknya pada low load, sistem bisa mensetting untuk terjadinya stratified combustion dimana hanya ada sebagian fuel yang diinjectkan disekitar spark plug dan terjadi lean combustion.
Saat ini sistem ini sudah mulai dijumpai dibeberapa model yang dikeluarkan oleh pabrikan, dan untuk Indonesia LEXUS LS yang sudah mengadoptnya. So, kita tunggu kiprahnya untuk mobil mobil yang lain………….terutama mobil yang mampu dibeli tanpa harus korupsi………………hehehehehhehe.

 
Posted by: wicanzayu | March 13, 2009



0 comments:

Popular Posts