Rabu, 23 Desember 2009

Penyetelan Sudut Toe & Mengatasi Roda Kemudi Miring

Tips mengatasi roda kemudi miring & penyetelan Toe In Toe out dengan bantuan alat sederhana


Font size

Gambar. A

Bagi yang punya mobil istilah Toe In Toe Out pasti tidak asing lagi apalagi yang namanya seter (Roda Kemudi) miring, tapi kali ini sedikit saya singgung lagi., Toe In dan Toe Out adalah sudut kemiringan roda jika dilihat dari atas, jika kemiringan roda depan atau belakang mengarah kedalam maka disebut Toe In dan jika kemiringan roda depan atau belakang mengarah keluar maka disebut Toe Out. Pada umumnya kendaraan sekarang menggunakan Toe In disebabkan ia membantu kendaraan tetap dijalur yang lurus dan membantu pengemudian lebih ringan.

Kerusakan ban yang disebabkan penyetelan Toe tidak tepat akan menyebabkan keausan roda seperti petal-petal (keausan berserabut) dan juga jika penyetelan tidak tepat akan menyebabkan roda kemudi narik kiri atau kanan ketika roda kemudi dilepas saat jalan walaupun kondisi jalanya lurus, hal tersebut akan sangat tidak nyaman dan mengganggu, jikalau kita kebengkel butuh mengeluarkan kocek lumayan dan juga pasti ngantri kalau lagi rame, nah bagaimana cara mengatasinya sendiri mari simak ulasan berikut dibawah ini,

Siapkan alat-alat seperti dibawah,

1. Benang boll atau benang nilon atau benang senar sepanjang mobil anda

2. Penggaris, dan meteran panjang

3. Kunci pas 12, 14, 17 dan 19 kunci sock 19 lengkap dengan handle dan obeng + sedang

4. Pompa ban dan ukuranya

Lakukan seperti dibawah,

a. Letakkan mobil anda ditempat yang teduh aman dan lantai yang lurus

b. Samakan tekanan kesemua roda depan maupun belakang sesuai ukuran yang ditentukan, biiasanya dibuat 30 rata

c. Luruskan roda kemudi lalu ambil benang boll atau benang nilon, kalau bisa minta tolong teman taruh benang boll ditengah roda belakang (B) tarik sampai roda depan (A), ukur perbedaan kemiringan roda depan dengan penggaris lalu catat (C)

Gambar. B

d. Lakukan seperti langkah ( c ) untuk roda satunya, selisih sudut kemiringan antara roda kiri dan kanan harus sama (pada titik C pada gambar)

e. Jikalau dibuat Toe In Standart selisih kemiringan sudut Toe In roda depan adalah B>A sekitar selisih 5 mm (Pada gambar gambar. A)

f. Nah jika tidak sesuai standart maka sekarang waktunya merubah agar kembali standart

g. Lihat bagian bawah roda depan ada yang namanya long tie rod (seperti gambar. A no 1 diatas), kendorkan mur 17 lalu putar long tie rod dengan kunci pas 14, kira2 selisih antara roda kiri dan kanan berapa ??? sehingga didapatkan selisihnya sama



Gambar. C

h. Setelah kedua ban depan kiri dan kanan sudah sama selisihnya dengan jalan di cek seperti langkah ( c penjelasan diatas ), maka ukur dengan meteran dari dasar lantai tsampai titik tengah roda lalu tandai dengan cat putih roda satunya juga seperti gambar C , kemudian ukur dengan meteran titik tadi sampai roda depan satunya juga pada titik) lalu dorong mobil kedepan sampai tanda putih jadi ke belakang kira2 kembali posisi tanda di tengah2 ban kemudian ukur cat putih yang mengarah kebelakang, lalu hasil pengukuran kurangi antara cat yang tadi didepan dengan ukuran cat yang mengarah kebelakang selisihnya adalah 5 mm

i. Kalau sudah ada selisih seperti langkah (h) pekerjaan telah selesai.

Demikian tadi cara penyetelan sudut Toe, Nah sekarang simak cara mengatasi setir miring

Bersambung…….ikuti terus ulasanya

9 comments:

Anonim mengatakan...

kurang tu mas Yunus, waktu mengukur terhadap titik / cat putih ada syaratnya mas.Ketinggian dari dasar / lantai saat pengukuran didepan dan dibelakang harus sama.
Ingat karena titik yang anda buat dan ukur TIDAK SELALU bisa pada posisi tengah.Didepan sih mungkin bisa tapi disisi belakang, mungkin terhalang kepet lumpur atau chassis.
Gimana ? Ati ya kalau buat uraian ; ntar malah kacau semua alignmentnya

so oscaromeo

yunus Akhsani mengatakan...

Dear Pak Oscar,

Terima kasih telah mengomentari artikel yang terbaru, emm...soal cat putih sebenarnya itu hanya untuk pengecekan saja, dulu waktu saya praktek test mekanik 3 melalukan setel sudut toe in dibawah kolong / lift memang betul bagian belakang akan terhalang mudflap / kepet tapi bisa ko', kemudian saya coba lagi tanpa masuk kolong juga bisa pak memang harus sabar dan minta bantuan teman. Sedangkan untuk pemberian tanda ya saya lupa harus diukur dari samping roda depan cari titik tengah lalu tandai, terima kasih Pak saya diingatkan segera saya revisi artikelnya

Anonim mengatakan...

Sebagai tambahan, sebaiknya lakukan pemeriksaan ini termasuk balance roda setiap max 10.000 km atau kalau pernah masuk lubang / cross trap dengan kecepatan tinggi.JANGAN memeriksakan setelah ada gejala ban habis abnormal atau steer berat atau steer narik sebelah.Demikian juga kalau ban ex bocor, sebaiknya setelah ditambal di balance sekali.
Lakukan rotasi ban dengan benar 5 ban setiap max 10.000 km.
Periksa angin / tekanan ban seminggu sekali termasuk ban cadangan >> 10% .

oscaromeo

yunus Akhsani mengatakan...

Dear Pak Oscar,

Terima kasih usulan yang bagus, tapi yang pak oscar usulkan itu tidak bisa dilakukan sendiri harus ke bengkel, sedangkan yang saya maksud pada artikel paling tidak orang bisa melakukan wheel Aligment sendiri walaupun minimal penyetelan sudut Toe begitu Pak, kalau pas mobil kendala kantong lagi kosong hehehe...berhemat dikit pak masak dikit2 ke bengkel

Anonim mengatakan...

cara anda tampaknya mudah tapi gak mudah dijalankannya.Maaf tidak mengecil artikan artikel itu.
*Kebanyakan jarak roda kiri/kanan belakang & depan tidak sama untuk kendaraan sekarang, sehingga penarikan tali tidak menjadi mudah mengira-2 untuk mebaca sudut walaupun sudah diupayakan dalam mm.
*Kalau ban depan sudah terpasang karpet lumpur,maka pekerjaan tidak menjadi gampang.
*Pemeriksaan toe dengan benang tidak akurat,mending gunakan meteran roll atau batang yang kaku.
*Mengingat roda depan adan sudut camber, maka untuk pemeriksaan harus meletakan titik ukur yang benar,terutama ketinggian dari lantai harus sama antara roda kiri / kanan sisi depan dan belakangnya.
*Perawatan rutin tiap 10.000 km = +/- 6 bulan, rasanya cukup memadai untuk pemeriksaan toe roda , ganti oli dan peeriksaan lain-2 rem dan mesin.IKuti paket perawatan lebih murah daripada partial

Mungkin ini dapat mlengkapi perbendaharaa ilmu kita.

Oscaromeo

yunus Akhsani mengatakan...

Dear Pak Oscar,

Boleh juga pak usulnya mungkin akan sedikit membantu pembaca yang lain dan juga sebagai tambahan ilmu bagi kita semua, thanks.

titokun mengatakan...

makasih infonya.. monggo ketempatku TitoKUN

Mobil Ideal mengatakan...

Bos, boleh tukeran link. ini link saya. Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia mohon dukungan dan supportnya

Unknown mengatakan...

Mau tanya apkh bisa mobil avanza lagi jalan tiba2 stir nglock sendiri tdk bs dijendalikan
Trmksh

Popular Posts