Kamis, 12 November 2009

Cara Kerja VVT-i

Berhubung ada yang pengen Tanya detail keunggulan dan system kerja VVT-i maka akan saya ulas kembali.

Ulasan Total keunggulan VVT-i dan Cara Kerja

Langsung saja keunggulan VVT-I menurut manual Book yang saya baca dan yang saya dapat di training DAIHATSU oleh guru besar Otty Rahardjo mengatakan :

1. Cara kerja ketika Engine posisi Idle

Overlap (Intak awal buka exs akhir nutup) dihilangkan sehingga gas buang yang kembali ke intak port tidak ada makanya pembakaran akan lebih stabil dan bahan bakar lebih ekonomis




2. Saat beban ringan dan sedang

Overlap ditambah sehingga akan mengurangi evek Pumping lose yaitu ibaratnya sebuah suntikan jika lubangnya diperbesar maka cairan yang ditekan keluar akan lebih banyak dalam waktu yang sama jika dibandingkan dengan suntikan yang lubangnya kecil,.



3. Saat beban berat kecepatan tinggi

Valve intake diundurkan atau dilamakan penutupanya gunanya untuk menambah evisiensi volumetric sehingga tenaga mesin bertambah karena campuran udara dan Bahan bakar yang masuk ke ruang bakar lebih banyak



4. Mengurangi Emisi gas buang

Nox akan timbul jika disaluran pembuangan suhunya mencapai 500oC dengan VVT-I udara segar akan dihembuskan dari valve intake menuju ke Valve exhaust dengan cara Overlapnya ditambah agar suhunya turun sehingga Nox tidak terjadi.

Nah setelah penjelasan diatas disimpulkan seperti gambar tabel dibawah ini,

Untuk bapak yang bertanya jika kurang jelas bisa kita diskusi lagi okey….semoga bermanfaat ulasan saya diatas

4 comments:

Anonim mengatakan...

I see I see, but gambar ke 4nya kok gak ada ?! kale sama dengan gambar 2 ya.Tapi kalau overlap diperbesar dengan mengawalkan saat bukanya intake kok bisa menghembuskan / mendinginkan exhaust ya ?! kan gerakan pistonnya masih naik ; maaf loh, apa bukan justru gas buang sebagian masuk kembali ke intake ?
Kalau melihat diagram katupnya, kayaknya yang dimainin HANYA intakenya; betul begitu mas.
lalu pada gambar 1 ada pernyataan bbm ekonomis dan di gambar 2 ada pernyataan memperbaiki konsumsi ; sedangkan gambar 1 & 2 kondisi katup perbeda.Gimana tu mas.Lha di 3 kok ada eff volumetrik lebih baik, bisakah dijelaskan ? Apakah pembukaan dini hanya berdampak pada pumping efect ? bagaimana dengan eff volumnya ? sementara yang tanpa overlap justru eff volum nya lebih baik.
Semoga ada jawaban yang mencerahkan.Terima kasih

Anonim mengatakan...

mas, saya jadi rancu, vvt-i ini mengubah durasi atau mengubah saat buka tutupnya intake valve to ? kalau hanya saat buka tutupnya, kan durasinya gak berubah.
Terus di gambar 2 dimana ada overlap,tertulis mengurangi NOx & HC sedangkan penjelasan menitik beratkan pada pumping loss.
Pada penjelasan 4 (kalau bener perkiraan saya,gambarnya sama dengan gambar 2)disana "menghembus" sehingga NOx nya turun ; bagaimana dengan HC nya ?
Maaf ya mas, kalau pertanyaan saya njlimet, harapannya supaya lebih clear gak makin mbudeli.Ok !?

Yunus Akhsani mengatakan...

waduh dari pertanyaanya ko' sangar banget, detail & bener2 ilmiyah jangan2 Bapak Ini guru besar saya ya...(Pak Otty Rahardjo) Ampun Pak.....saya jangan dikerjain ilmunya belum nutut, tapi baiklah segera saya pelajari lagi, saya jadi malu kalau ga' bisa jawab hahahaha....

Anonim mengatakan...

siapa yang ngerjain,siapa tu guru besar.Gue mampir aja nih.Ya kan di profil sampeyan S1, ya apa gue salah kalau tanya detail ? lha kan ada tantangan serta bahan pemicunya.Salahkah gue ? ya hitung-2 kita belajar bersama diforum yang bisa diikuti banyak orang pinter, iseng, sok dan macem-2 kan !? biasa sih (maaf jangan tersinggung)untuk runtut itu gak mudah.Ya kalau celah-2 itu ada yang memanfaatin kan gak salah juga yang memanfaatin. Iya to, bener to, don't worry go ahead.Sudah untung berani tampil.Oke

Popular Posts