Banyak yang mengira mesin CBR150R ditelan mentah-mentah ke CB150R,
nyatanya tidak.
Ada yang diubah, dikurangi dan ditambah. Tentunya agar karakternya cocok
untuk aplikasi harian, khususnya di perkotaan dengan lalu lintas padat.
Agar cocok untuk penggunaan sehari-hari di jalanan yang padat, CB150R
sebagai sepeda motor sport perkotaan membutuhkan beberapa penyesuaian.
Salah satu yang dilakukan pada mesin adalah mengubah durasi bukaan noken
as atau camshaft tipe DOHC-nya. Klep masuknya tetap sama seperti
CBR150R, tapi klep buangnya sedikit diubah. Klep ex CB150R membuka 35
derajat sebelum TMB dan menutup 5 derajat sebelum TMA. Di CBR150R, klep
ex membuka 30 derajat sebelum TMB dan menutup 0 derajat sebelum TMA,
Langkah ini diambil agar tenaga dan torsi puncaknya terasa lebih enak di
putaran mesin lebih rendah sekaligus membuat mesin agar lebih dingin.
Di sektor mesin adalah diaplikasikannya kick starter yang sebelumnya
tidak tersedia pada CBR150R. Tidak ada kontruksi yang diubah. Karena,
tempat as kick starter pada CBR150R memang sudah ada sebelumnya. Jadi,
tinggal pasang saja.
Selain itu, ditambahkan pula Secondary Air Suplai System (SASS) buat
membantu meminimkan emisi gas buang. Part ini terletak di bagian tutup
kepala silinder.
Bila melihat penyebabnya kenapa ditambah komponen ini,
ternyata adalah karena dilepasnya sensor O2 pada sistem injeksi yang
sebelumnya ada di CBR150R tapi tidak ada pada CB150R.
SASS ini bekerja dengan cara menyuntikkan oksigen ke jalur pembuangan,
sehingga gas CO yang beracun akan berubah menjadi CO2 dan O2. Komponen
ini biasanya dipakai pada motor berteknologi karburator, sedang pada
mesin injeksi sudah ditanggalkan karena emisi gas buang mesin injeksi
relatif lebih bersih.
Dengan aplikasi SASS Honda CB150R mampu memenuhi
standar Euro2 yang ditetapkan pemerintah. Jadi secara emisi gas buang
juga tetap baik dan yang pasti tetap ramah lingkungan. Selain itu
perubahan lain di bagian mesin sebatas finishing cover luar crankcase
kanan-kiri.
Dan akhirnya, bisa dilihat data performa.... Honda CB150R dapat
menghasilkan tenaga 17 PS pada 10.000 rpm. Untuk torsinya, CB150R tembus
13,1 Nm di 8.000 rpm.....
0 comments:
Posting Komentar