Senin, 02 November 2009

Pengetahuan Tentang VVT-i

VVT-i
Ketika kita melihat iklan di TV yaitu iklan mobil terbaru kususnya DAIHATSU mengunggulkan teknologi VVT-I, mungkin dalam benak kita bertanya-tanya Apa itu VVT-I ?? VVT-I adalah suatu perlengkapan tambahan atau alat yang dipasang diantara gear camshaft dengan camshaft itu sendiri yang dimaksudkan agar camshaft akan bergerak variable dan tidak mati terhadap camshaft sehingga valve timing bisa diatur sesuai kebutuhan tenaga, sedangkan singkatan VVT-I adalah ( Variable Valve Timing intelligent).
Dengan adanya VVT-I kondisi camshaft tidak lagi mati dan ikut putaran gear camshat saja, sehingga pembukaan Valve juga variable yang dimaksudkan agar kemampuan engine bisa terkontrol agar selalu optimal, berikut sebuah gambaran perlengkapan VVT-i
VVT-i dicontrol oleh sebuah ECU (Elektronik Control Unit) melalui cam engle sensor, dalam rangkaian VVT-I terdapat OCV (Oil Control Valve) yang berfungsi untuk mengalirkan oil ke component VVT-I karena bekerjanya VVT-I melalui tekanan oli yang menjadi satu dengan oil engine.

11 comments:

Anonim mengatakan...

Emangnya yang diatur camshaft yang mana nih !? terus gimana kok bisa lebih baiknya ? jelasin dong mas, biar gak penasaran.Apa dengan vvt-i ini overlaping berubah atau tinggi angkatnya yang berubah ya ?
Matur suwwun

Yunus Akhsani mengatakan...

To Pak Anonim,

Begini Pak Penjelasanya,jika belum ada VVT-i mobil tersebut hanya mengandalkan Timing light (waktu pengapian)yang diatur oleh ecu (elektrik control unit) sedangkan Durasi Valve tetap ga' bisa berubah, kalau tidak ada VVT-i pemasukan bahan bakar dan pengeluaran bahan bakar sudut pembukaanya valvenya akan tetap. mobil yang menggunakan VVT-i akan dapat mengatur proses pemasukan bahan bakar dan proses pembuangan secara variable dan tidak tetap seperti mobil yang tidak menggunakan VVT-i, Cam yang diatur Variable ya cam shaft yang berhubungan dengan cam gear itu pak, ok untuk lebih jelasnya segera saya akan pasang post lagi untuk bapak baca okey sabar ya hehehehe....

Anonim mengatakan...

ya terus yang mana cam shaft yang diatur ?maksudnya yang IN atau yang Exh, gitu loh. apa sih keunggulan VVT-I itu ? kok jadi ngetrend sekarang.Ulasannya kurang deh kayaknya.Masa' cuma prolog aja !?Ok saya tunggu ulasan totalnya.

Yunus Akhsani mengatakan...

Maaf Pak Anonim Agak telat balasnya, yang diatur adalah hanya Valve timing IN sebentar lagi akan saya Posting di Wall blog saya ulasan total VVT-i, mohon tunggu ya....maaf atas kitidak nyamananya karena kesibukan kerja hehehehe....

Anonim mengatakan...

mas,ada hubungannya gak nih dengan materi diatas,
Kenapa Xenia 1000 yang 3 silinder vvt-i, lebih sering perlu pembersihan injektornya daripada yang 1300, 4 silindernya sama-2 vvt-i ; atau ada yang bisa bantu mas Yunus jelasin ke gue, kenapa bisa begitu ?
Gue tunggu gak pake lama ya !? Arigato matur nuwun terima kasih.

Yunus Akhsani mengatakan...

Pak Anonim yang tanya tentang xenia 1000 itu akibat VVT-i yang disebabkan mobil sering dibuat beban berat atau ga' pernah dibuat kecepatan tinggi, ketika proses tersebut overlaping diperbesar sehingga akan ada gas buang yang masuk ke ruang intake atau saluran pemasukan sehingga menyumbat injektor begitu pak penjelasanya, ini saya kutip dari penjelasan bapak anonim yang lain, moga bermanfaat penjelasanya

paijo mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Paijo mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...

LALU APAKAH DENGAN PENJELASAN MAS YANG MENGUTIP DARI MR ANONIM YANG LAIN, BISA DISIMPULKAN XENIA 1000 TIDAK BAIK / JELEK JIKA DIGUNAKAN DIDAERAH SAYA ? SAYA TINGGAL DIDAERAH PEGUNUNGAN YANG NOTABENE PENUH TANJAKAN DAN TIDAK MUNGKIN UNTUK NGEBUT LANTARAN BANYAK KENDARAAN BESAR YANG MELAJU DIDAERAH SEPERTI INI. JIKA SEPERTI ITU JAWABANYA HAH HAH GIMANA GITU. TERIMA KASIH PENJELASANYA

Anonim mengatakan...

nyuwun sewu mas Yunus, mau jawab Mr anonim yang masih bingung xenianya.
Begini Mr.coba cermati pada posting VVT-I yang satunya,perhatikan dimana anda bisa bermain agar overlaping tidak trlalu besar.Tiada produk yang sempurna, produk diciptakan dengan beraga keperluan tapi pasti ada yang sangat dasar sebagai prioritas design ditetapkan.Nah kalau operasional kita diluar dsign, tentunya kita dapat mengoreksinya.
Gimana mas Yunus, kayaknya kalau dipegunungan jangan menggunakan rpm rendah (sekedar naik)jadi lebih bak menggunakan gigi yang lebih rendah sehingga rpm dapat lebih tinggi ; maksudnya kalau gigi 3 bisa dengan rpm 1500 naik, mending gunakan gigi 2 dengan rpm 2000 > ; ingat Mr.Pada saat ditanjakan, kita sebenarya memerlukan TORSI bukan hanya power, nah kenali Xenia anda rpm torsi maxinya berapa ? kalau itu yang anda jadikan std ops,saya yakin gak ada masalah dimanapun anda berada.Silahkan dicoba

oscar

Yunus Akhsani mengatakan...

Betul sekali mas Oscar, untuk Pak Anonim yang pakai xenia 1000 usulan Mas Oscar mohon dicoba untuk meminimalkan kondisi cepat kotornya injector, karena bapaknya penggunaanya didaerah pegunungan, mau ga' mau bapak harus mengubah kebiasaan cara pengoperasian oke pak...

Popular Posts