Jumat, 06 November 2009

Devinisi Engine


ENGINE


Devinisi Engine adalah suatu alat atau komponen yang menghasilkan tenaga atau daya untuk membantu kebutuhan manusia.
Engine dibagi menjadi 2 jenis :
  1. Gasoline Engine
  2. Diesel Engine
Perbedaan Gasoline Engine dengan Diesel Engine
Gasoline Engine
  1. Memakai konsumsi bahan bakar Bensin
  2. Menggunakan Karburator untuk mencampur Bahan Bakar dan udara (model sekarang menggunakan injector untuk menginjeksikan bahan bakar)
  3. Menggunakan pengapian busi untuk membakar bahan bakar
  4. Suara halus
  5. Di knalpot tidak mengeluarkan asap karena bahan bakar lebih bersih
  6. Dipakai untuk kendaraan keluarga dan beban ringan
  7. kompresinya rendah antara 9 ~ 12 kg/cm2

Diesel Engine
  1. Menggunakan solar sebagai konsumsi bahan bakar
  2. Menggunakan FIP (Fuel Injection Pump) atau disebut Bosc Pump
  3. Menggunakan Nozzle untuk menggabutkan bahan bakar
  4. Bahan bakar akan terbakar sendiri karena suhu dalam ruang bakar yang tinggi
  5. Suara kasar
  6. Asap knalpot lebih tebal karena bahan bakar Kadar karbonya tinggi
  7. Banyak diaplikasikan untuk kendaraan niaga atau beban berat
  8. Kompresinya tinggi antara 25 ~ 31 kg/cm2

Garis Besar Komponen Engine,
  1. Head Cylinder ( Kepala Silinder )
Komponen Utama :
Valve (katup / Klep)
Rocker Arm (Temlar)
Cam Shaf (Poros Nok/Noken As)
  1. Block Cylinder
Komponen Utama :
Piston (Seker/Zuiger)
Connecting Rod (kon rod)
Crank Shaft (As Kruk)
Fly Wheel (Roda Gila)
Carter/Oil Pan (Bak oli)
  1. Drive Gear (Gear penggerak)
Komponen Utama :
Gear Cam shaft
Gear Crank Shaft
Idle Gear

Perbedaan Material/bahan Diesel Engine dengan Gasoline Engine
Bahan Diesel Engine
Block Cylinder dan Head Cylinder terbuat dari besi tuang dengan harapan mampu menahan daya yang sangat besar dan kompresi yang tinggi dan juga untuk beban berat
Bahan Gasoline Engine
Block Cylinder dan head Cylinder terbuat dari Duralumin (paduan antara Almunium dan Zn/seng) diharapkan lebih ringan karena bertujuan untuk kecepatan bukan untuk kendaraan berat
Bersambung :

6 comments:

Anonim mengatakan...

Bilamana perawatan( berkala) itu diperlukan ?

Yunus Akhsani mengatakan...

maksudnya Pak Anonim Perawatan yang bagaimana ??? untuk Diesel Engine or Gasoline Engine

Anonim mengatakan...

mpd ta? wkwkwkwk

Anonim mengatakan...

ya semuanya dong,kan disitu pertanyaannya BILAMANA.Apakah perlu yang seperti yang katanya buku service kedaraan-2 yang ada untuk melaksanakan.Apakah hanya berlaku untuk kendaraan baru supaya garansi kagak gugur atau kendaraan lama yang justru harus karena kebutuhan toh dah kagak garansi,.
Begitu mas maksudnya.
Jadi bisa diesel bisa gasolin to !?

Oscar

Yunus Akhsani mengatakan...

ok kalau begitu Pak Oscar, segera saya ketik dulu artikelnya...sabar ya saya harus memberi jawaban untuk teman kita yang butuh klasifikasi pelumas..okey..

Anonim mengatakan...

Mengapa "thermostat" TIDAK BOLEH dilepas pada mesin-2 masa kini ? apa dampak yang ditimbulkan bila hal ini dilanggar ?

somone

Popular Posts