Pernahkah bro/sis semua yang memiliki motor berkopling manual
mengalami masalah yaitu sulitnya saat memindahkan gigi? Tak hanya
terpaku pada motor sport seperti vixion, megapro atau yang lain. Namun
Jupiter MX juga salah satu motor underbone yang mengaplikasikan kopling
manual.
Nah, beberapa saat yang lalu si BlueMX menunjukkan gejala yang sama
seperti yang saya kemukakan diatas. Susah saat pindah gigi, awalnya saya
lebih mengira dikarenakan kampas kopling yang sudah mulai aus. Namun,
kebetulan membaca salah satu diartikel otomotifnet yang juga membahas hal yang serupa namun motor yang digunakan adalah yamaha vixion.
So, saya pun tak terburu mengganti kampas kopling. Menurut
penuturannnya, gejala susah pindah gigi tersebut dikarenakan akibat
panas berlebih yang ditimbulkan pada kampas kopling sehingga karakter
kampas kopling tersebut jadi mengembang dan lebih tebal dari ukuran
standarnya.
Karena perubahan fisik kampas koling itulah membuat kopling menjadi
tidak leluasa membuka ketika tuas kopling ditarik. Logikanya, saat tuas
kopling ditarik maka kopling pun terbuka dan bisa menggerakkan gigi. Nah
saat kampas kopling tersebut mengembang, seperti ada yang menghambat
tarikan tuas kopling tersebut sehingga perpindahan gigi terasa sulit.
Selanjutnya, untuk mengatasi masalah yang satu ini ternyata cukup
dilakukan pengaturan ulang pada kopling dengan cara digeser. Bisa
melalui setting kopling bagian atas (handle kopling)atau dibagian bawah.
Untuk settingan bagian atas, cukup mundurin jarak main tuas, dengan
memutar penguncinya sampai jarak main handel maksimal. Karena jarak main
hendel yang terlalu banyak jadi salah satu faktor penyebab. Mundurin
secukupnya, lalu kencangkan kembali kuncinya sehingga tidak mudah
bergeser.
Untuk settingan ujung bawah yaitu melalui ujung bawah kabel kopling.
Cara melonggarkan perlu menggunakan kunci 12. Lalu putar penguncinya
pakai kunci 12. Renggangkan setelan tuas koplingnya. Coba dulu
tarik-tarik tuas kopling. Bila terasa sudah pas, kencangkan kembali
penguncinya.
Cukup kedua cara tersebut diatas dipraktekkan terlebih dahulu, nah
bila masalah tetap timbul barulah kampas kopling sesegera mungkin dicek
dan bila sudah mengalami keausan sesegera mungkin diganti. Semoga
Berguna. (fnc)
From : fncounter.wordpress
0 comments:
Posting Komentar