Rabu, 14 November 2012

Tips Sederhana Ringankan Tarikan Motor

 
.
Tarikan motor bro/sis terasa agak berat ? kurang responsif ? lelet ? Kurang puas dengan performa motor standart ?
Nah di sini NP mau berbagi tips sederhana yang NP tahu tentang cara meringankan tarikan motor. Modifikasi ini gak terlalu repot dan gak terlalu bersifat ekstrim. Segera deh NP jabarkan …

1.)  Memasang 9power
.
Alat sederhana, kecil, tapi memiliki manfaat yang cukup lumayan. Diklaim oleh pabrikan 9power dapat menambah akselerasi motor. Memperlancar aliran listrik oleh koil, sehingga pembakarannya lebih sempurna. Katanya sih bikin sdikit lebih irit juga. Cara memasangnya cukup dipasang di  kabel busi. Untuk motor 4 tak lebih baik langsung memakai 2 buah 9power. NP udah memasang di motor NP, dan hasilnya lumayanlah …

2.) Busi iridium
.
Busi iridium diklaim oleh pabrikan memiliki sistem yang bisa membuat pembakaran pada motor lebih sempurna. Sehingga akselerasi/tarikan motor menjadi lebih baik. Lebih maksimal hasilnya jika diikuti setting motor yang pas dan part racing lain. NP udah coba dengan setting motor yang sdikit dimaksimalkan. Hasilnya lumayanlah …

3.) Setting Gear Ratio
.
Cara ini memiliki manfaat yang cukup signifikan. Makin besar rasio gear, maka akselerasi semakin bagu tapi top speed agak turun. Contoh : Gear belakang Vixion standart berukuran 42, setelah diganti dengan yang berukuran 44, maka tarikan pun makin ringan. Tapi resikonya top speed dan nafas motor menjadi agak turun.
Cara menghitung rasio gear dengan mudah dan simpel yaitu : Ukuran gear belakang dibagi ukuran gear depan. Makin besar rasio gear, tarikan makin ringan tapi nafas motor lebih pendek. Semakin kecil rasio gear, tarikan lebih berat tapi nafas motor lebih panjang.

4.) Porting Polish dan Papas head
.

Porting polish yaitu  modifikasi mesin yang dilakukan dengan cara men-setting ulang lubang masuk/keluar di head silinder. Hal ini dilakuakn agar bensin yang masuk ke ruang bakar menjadi lebih optimal.
Sedangkan papas head adalah langkah yang dilakukan untuk menaikkan kompresi motor. Hal ini dilakukan dengan cara membubut/memapas head silinder. Resikonya motor harus memakai bahan bakar berkualitas baik dan beroktan tinggi semacam Pertamax atau Pertamax Plus.
Cara-cara tersebut dapat sedikit meringankan tarikan motor tapi porting polish dan papas head harus dilakukan di bengkel yang benar-benar ahli  agar tidak terjadi  kesalahan atau bahkan kerusakan pada mesin.

From : nofgipiston.wordpres.com

0 comments:

Popular Posts