Rabu, 31 Oktober 2012

Formula 1 Steering Wheel

bmw_steering_wheelSetir yang ada pada mobil balap formula 1 berbeda dari kebanyakan setir yang pernah anda liat, lebih canggih dari setir yang ada dikokpit pesawat mau tau apa aja fungsinya..?

Coba anda cermati gambar berikut ini adalah setir milik tim BMW. Setir ini berisikan kenob dan tombol dengan fitur-fitur canggih, untuk proses pemindahan “gear” mau upshift atau downshift tinggal klik aja, ngga susah-suah seperti mengoperasikan transmisi manual malahan lebih mudah dibandingkan dengan transmisi otomatis..

Ada juga tombol dengan fitur untuk memasuki pit stop, driver tinggal memencet tombol ini dan kecepatan akan menurun sesuai dengan regulasi kecepatan untuk memasuki pitstop. Tombol lainnya adalah programming engine yang akan menyesuaikan dengan kondisi lintasan dan kondisi ban, misalnya tiba-tiba cuaca mendung, dan mengharuskan untuk ganti ban dengan spek ban basah, maka driver tinggal memutar tombol untuk menyesuiakan setting engine dengan ban basah, sepintas memang terlihat mudah, namun proses untuk mempersiapkan semua settingan membutuhkan pemikiran yang matang dan terencana.

1. Pit lane speed limiter
2. Differential +
3. Engine push
4. Gear upshift
5. Traction control +
6. Engine push setting switch
7. Clutch lever
8. Traction control
9. Team info inlap
10. Burn out
11. Multifunctional switch
12. Lambda
13. Diagnostic
14. Wing angle info switch
15. Clutch
16. Differential selective switch
17. Team radio
18. Traction control -
19. Gear downshift
20. Engine break
21. Differential -
22. Neutral
23. Display page change

From : dunia bengkel

0 comments:

Popular Posts