Rabu, 10 Oktober 2012

Ini Dia Mobil Terpendek di DuniA

img


















Tokyo - Rekor dunia sering kali menampilkan banyak hal-hal unik. Rekor-rekor unik pun terus bermunculan, tidak terkecuali rekor mobil terendah di dunia. Kini pemegang rekor mobil terendah di dunia yang tercatat di Guinness World Record Book direbut oleh mobil Jepang bernama Mirai.


Tapi meski memiliki status sebagai mobil terendah di dunia, Mirai yang bermodel roadster dengan balutan cat warna kuning ini ternyata juga masuk dalam kategori layak jalan.

Mirai dibuat oleh sekelompok siswa dari Automobile Engineering Course di Okayama Sanyo High School di Asakuchi, Jepang. Butuh waktu beberapa bulan perencanaan dengan setahun waktu pembangunan untuk mewujudkan mobil ini.

Ketika selesai, 9 guru dan 12 siswa yang mengerjakannya pun senang. Terlebih rekor ini dibuat oleh mobil yang dibangun dengan biaya yang dikatakan cukup rendah.

Namun, meski tergolong layak jalan, Kepala Sekolah Okayama Sanyo High School Harada Kazunari mengakui kalau mengendarai Mirai di jalan umum memang cukup menakutkan. Sebab, saking rendahnya mobil ini, ditakutkan pengendara mobil lain tidak dapat melihatnya. Pandangan orang yang mengendarai Mirai pun tidak leluasa karena mobil ini bertubuh pendek. 


"Dapat menakutkan untuk mengendarai Mirai di jalan besar, terutama ketika berjalan dalam kecepatan di atas 40 km/jam karena jalan sangat dekat ke titik mata pengemudi," kata Harada Kazunari seperti detikOto kutip dari Autoevolution, Selasa (9/10/2012).


"Juga, Anda dapat merasa takut bahwa Anda akan tergilas oleh mobil lain. Jadi, kami membuat aturan, ketika kami berkendara dengan Mirai di jalan yang sibuk, ditempatkan mobil di depan Mirai, dan mobil yang menjaga di belakang," lugasnya.

0 comments:

Popular Posts