Senin, 08 Oktober 2012

Kapan kita harus mengisi bensin

Ditengah harga bahan bakar yang melonjak tinggi ini kita harus pandai dalam mengambil sikap untuk menghemat beberapa rupiah dari bahan bakar kendaraan kita. Bagaimanakah cara yang baik untuk mulai berhemat dalam mengkonsumsi bahan bakar kendaraan kita? bagaimana agar kita mendapatkan hasil yang terbaik dalam mengisi bahan bakar kendaraan kita?

 
tanki penyimpanan bahan bakar SPBU

Ada beberapa cara yang dapat diambil dalam mengoptimalkan pengisian bahan bakar di kendaraan kita antara lain:
  1. Isilah bahan bakar pada saat temperatur tanah dalam keadaan dingin, hal ini dapat dilakukan pada saat pagi hari atau malam hari. Seperti kita ketahui bahwa bahan bakar di SPBU disimpan dalam tanki bawah tanah. Pada saat suhu tanah dalam keadaan hangat maka bahan bakar tersebut “expand”. Naik 1 derajat suhu tanah maka literan yang anda peroleh tidak sesuai dengan yang tertera karena pompa pada SPBU tidak memiliki alat yang dapat mengkompensasi perbedaan suhu pada tanah.
  2. Gunakan Low Speed pada saat mengisi bahan bakar, seperti kita ketahui ada 3 kecepatan pada pompa pengisian bahan bakar. Gunakan Low Speed jika waktu tidak menjadi masalah. Apabila anda menggunakan High Speed maka sebagian dari bahan bakar yang di pompa ke tanki kendaraan berubah menjadi “uap” dan uap tersebut akan di isap kembali ke storage tank SPBU karena selang pengisian SPBU memiliki penyedot uap yang muncul dari tangki bahan bakar untuk mempermudah pengisian bahan bakar.
  3. isilah bahan bakar pada saat tangki menunjukkan 1/2 Full. Alasannya adalah, semakin banyak bahan bakar yang ada dalam tangki anda akan semakin dikit udara yang memenuhi ruang kosong dalam tangki. Bahan bakar menguap sangat cepat lebih cepat dari yang anda bayangkan. Dengan banyaknya ruang kosong di tangki bahan bakar membuat kesempatan bahan bakar anda untuk menguap dalam tangki tersebut.
  4. Jangan mengisi bahan bakar pada saat anda melihat truk pengisian bahan bakar ada disana. Pada saat pengisian kedalam tanki bahan bakar terjadi maka akan terjadi pengadukan dalam tanki bawah tanah SPBU. Pada saat ini sangat besar kemungkinan butiran kotoran yang ada dalam dasar tanki akan naik dan terhisap kedalam kendaraan Anda.

0 comments:

Popular Posts