Minggu, 21 Oktober 2012

Terobos Badai Sepang, Pedrosa Pepet Lorenzo


Daniel Pedrosa Ramal (tengah) diklaim sebagai juara MotoGP Malaysia meski lomba dihentikan di lap ke-13 (Foto: MotoGP.com)
Daniel Pedrosa Ramal (tengah) diklaim sebagai juara MotoGP Malaysia meski lomba dihentikan di lap ke-13 (Foto: MotoGP.com)
SEPANG – Untuk pertama kalinya musim ini, MotoGP harus teradang badai tropis. Tapi Badai di seri Sepang kali ini belum menggoyahkan posisi Dani Pedrosa di posisi terdepan menciprati Jorge Lorenzo. Sesaat setelah bendera merah dikibarkan, Pedrosa diklaim sebagai juaranya.

Start kelas MotoGP petang ini juga sempat tertunda akibat hujan lebat. Setelah reda, barulah sesi lomba dimulai satu jam setelah penundaan. Tapi badai disertai angin kencang menghentikan pacuan kuda besi seri Sepang di lap ke-13. Kendati begitu, Pedrosa dihadiahi poin penuh karena unggul jauh dari rival-rivalnya saat lomba dihentikan.

Jalannya Lomba
Kendati trek masih terkesan ‘lepek’, tapi pertarungan sejak start sudah nampak antara Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa. Bahkan Pedrosa yang melakukan start apik, nyaris melewati Lorenzo di tikungan pertama. Beberapa meter trek lurus, keduanya terlihat sama cepat hingga akhirnya Lorenzo tetap mengamankan posisi terdepan.

Sementara grup di belakang Lorenzo dan Pedrosa, dipimpin joki Honda Repsol lainnya, Casey Stoner, yang disusul Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi. Memasuki lap kedelapan, Lorenzo harus jadi rider Yamaha Factory seorang diri, usai Ben Spies terjatuh di tikungan terakhir. Spies juga terlihat takkan bisa melanjutkan lomba karena tim medis sudah nampak membawa rider Amerika Serikat itu ke atas tandu.

Satu lap berselang, rider tim satelit Yamaha, Andrea Dovizioso juga ikut jatuh karena selip. Tapi Dovi masih mampu melanjutkan sisa lomba. Di lap yang sama grup terdepan, Dani Pedrosa meng-overtake Lorenzo untuk memimpin lomba.

Rentetan insiden akibat selip di trek basah tak berhenti sampai di situ. Tiga rider berturut-turut ikut selip dan tak mampu melanjutkan seri Sepang. Cal Crutchlow mengawali parade para joki yang tergelincir.

Selang beberapa detik kemudian, Randy de Puniet menyusul di tikungan yang sama. Di sector trek lainnya, Stefan Bradl ikut ‘perosotan’ di aspal basah. Lalu, di lap ke-13, Iván Silva tak ketinggalan jadi kontestan lain yang tergelincir dan tak merampungkan sesi lomba.

Kembali ke grup terdepan, Lorenzo kian tertinggal setelah dua kali hampir tergelincir dan jatuh di sisa tujuh lap terakhir. Malah, Casey Stoner nyaris melewatinya jika saja steward tak mengibarkan bendera merah tanda ditundanya lagi sesi lomba, akibat hujan lebat yang kembali mengguyur Sepang.

Setelah sejumlah bos tim kontestan dan panitia berunding untuk kemungkinan adanya re-start, penentuan tiga pemegang podium, termasuk sang pemuncak, sudah ditentukan. Pedrosa tampil sebagai pemenang, diikuti Lorenzo di tempat kedua dan Casey Stoner mengunci podium ketiga.

Hasil ini kian membawa Little Spaniard – julukan Pedrosa, memepet kompatriotnya, Lorenzo, di kasifika MotoGP dengan hanya defisit 23 poin. Untuk penentuan gelar juara, masih ada 50 poin lagi untuk diperebutkan di dua seri pamungkas, Philip Islands dan Valencia.

Hasil MotoGP Sepang Lap 13:
1. Dani Pedrosa Repsol Honda 13 Lap
2. Jorge Lorenzo Yamaha Factory +3.774
3. Casey Stoner Repsol Honda +7.144
4. Nicky Hayden Ducati Team +10.518
5. Valentino Rossi Ducati Team +16.759
6. Álvaro Bautista San Carlo Honda Gresini +17.276
7. Héctor Barberá Pramac Racing +50.282
8. Aleix Espargaró Power Electronics Aspar +51.585
9. James Ellison Paul Bird Motorsport +56.676
10. Karel Abraham Cardion AB Motoracing +57.622
11. Danilo Petrucci Came IodaRacing Projec t+1:02.805
12. Michelle Pirro San Carlo Honda Gresini +1:02.891
13. Andrea Dovizioso Monster Yamaha Tech3 +1:28.989
(raw)

0 comments:

Popular Posts