Daihatsu Ayla 1.0 X AT |
Mesin : 996 cc 4-silinder, 71 dk Torsi maksimum : 94 Nm/3.600 rpm 0-100 km/jam : N/A Konsumsi BBM : N/A Transmisi : Otomatis 4-speed/FWD P x L x T : 3.600 x 1.600 x 1.520 mm Wheelbase : N/A Ground clearance : 180 mm Ukuran ban : 175/65 R14 |
Harga : Rp 105 jutaan (estimasi) |
Daihatsu Ayla resmi diperkenalkan ke publik di Indonesia international Motor Show (IIMS) 2012. Inilah mobil global yang proses riset, desain dan pengembangan dilakukan para engineer terbaik Indonesia di Astra Daihatsu Motor (ADM).
Mobil yang awalnya diberi sandi NPC (New Passenger Car) ini diset untuk first entry buyer yang sangat besar jumlahnya. Agar bisa diserap oleh segmen tersebut, ADM menset harga Ayla mulai dari Rp 75 juta sampai Rp 105 juta.
Nah, Auto Bild mendapatkan kesempatan dari ADM untuk mencoba Ayla di salah satu fasilitas mereka pada pertengahan September lalu. Kami pilih varian yang paling tinggi, yaitu Ayla 1.0 X AT.
Ayla ini bergenre City Car. Tubuhnya sangat kompak dengan panjang 3,6 m, lebar 1,6 m dan tinggi 1,52 m. Bila angka-angka tersebut dibandingkan, maka ukuran tubuh Ayla mirip dengan Honda Brio yang lebih dulu meluncur.
Head unit yang terintegrasi dengan tombol pengaturan AC minimalis |
||
Sudah dilengkapi MID dan indikator ECO | Cup holder di door trim pun tersedia untuk memberi kenyamanan |
Dari luar pembedanya tipe X ada di aksen krom mengilap di beberapa bagian seperti lis pintu, fog lamp dan lis gril depan. Pelek sudah alloy ukuran 14 inci dengan ban ukuran 175/65R14 dan di belakang ada roof spoiler.
Desain interior sederhana. Setir model palang tiga sedang panel instrumen terdiri dari speedometer, takometer dan MID. Oh ya, ada juga indikator ECO yang akan menyala bila pengemudi melakukan eco driving.
Di bagian tengah dasbor terdapat head unit terintegrasi. Pengolah sinya ini bisa memutar cakram CD. Juga terdapat port USB dan aux-in. Fasilitas ini sudah cukup untuk menyediakan hiburan di kabin.
Jok Ayla cukup unik. Mirip jok mobil balap karena headrest hingga badan jok menyatu. Bagian jok berbahan fabric ini dibuat melengkung. Tujuannya untuk memberikan ruang kaki yang lebih besar bagi penumpang belakang.
Ruang kaki penumpang tergolong belakang luas untuk city car
Mesin memakai 1KR-FE rancangan Daihatsu. Ini mesin 3 silinder 996 cc yang juga dipakai di Peugeot 107, Citröen C1 dan Toyota Aygo. Belum ada klaim dari ADM mengenai dengan performa mesin ini, tapi perkiraan tenaga puncak diset di 71 dk/4.800 rpm dan torsi 94 Nm/3.600 rpm.
Ketika dinyalakan, suara khas mesin 3 silinder langsung terdengar. Dari luar suaranya terdengar lebih lembut ketimbang punya Xenia 1.0. Begitu tuas di taruh ke posisi D4 dan pedal rem diangkat sedikit mobil langsung bergerak. Cukup responsif. Sayang karena terbatasnya ruangan, kami tidak bisa merasakan potensi sesungguhnya.
Bagasi luas yang kabarnya bisa bawa 3 galon air mineral | Roof spoiler hadir di versi termewah |
RIVAL |
Suzuki Karimun Estilo 1.0 MT Mesin: 998 cc 3 silinder, 68 dk Konsumsi bbm (tol/kombinasi/dalam kota): 28,8/19,2/NA km/l Harga: Rp 130,5 juta + Akomodasi, kepraktisan, efisiensi BBM - Pilihan varian, tak ada otomatis, akselerasi |
Mesin kompak yang bertenaga dan efisien
FIRST OPINION Dengan positioning harga yang tepat, Daihatsu Ayla bisa menjadi the next big thing. Ia akan bisa menggoda para pengendara sepeda motor yang ingin punya mobil baru. Bodinya yang kompak, mesin bertenaga dan mampu mengolah bbm dengan sangat efisien membuatnya bisa menjadi kendaraan perkotaan pilihan. SEKILAS PANDANG - Hanya tersedia 1 pilihan mesin dengan 2 tipe transmisi (manual 5-speed & otomatis 4-speed). - Tersedia dalam 4 trim, yaitu D, D+, M dan X. |
From : Autobild.
0 comments:
Posting Komentar