Jumat, 05 Oktober 2012

'Roadplan' Hindarkan Musibah di Jalanan

'Roadplan' Hindarkan Musibah di Jalanan
Ilustrasi
Kamis, 04 Oktober 2012 19:29 Dilihat sebanyak 26 kali
Otosia.com - Hilangnya konsentrasi saat berkendara seringkali menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas. Hal itu bisa dipahami karena pada dasarnya mengendarai sepeda motor atau mengemudikan mobil itu adalah full time job dan membutuhkan konsentrasi tinggi.

Jika kita mengoperasikan kendaraan sambil melakukan aktivitas yang lain, maka bisa dipastikan musibah lah yang akan menghadang. Maka dari itu, dengan adanya roadplan alias persiapan yang baik sebelum menempuh perjalanan, musibah di jalanan bisa terhindarkan.

Mungkin arti kata roadplan tak banyak diketahui oleh para pengendara jalan. Padahal sebenarnya mereka terbiasa melakukan beberapa poin yang termasuk di dalamnya. Ada tiga tahap dalam teori Defensive Safety Driving (DSD), di mana roadplan masuk ke dalam tahap amati.

Berikut rincian roadplan menurut salah seorang pelaku bisnis otomotif :
1. Pastikan kondisi badan dan kendaraan fit sebelum berkendara. Lebih baik diantar saat kondisi badan tak memungkinkan dan jika kendaraannya yang 'sakit', sebaiknya dibawa ke bengkel dulu.

2. Pastikan rute yang akan diambil, jangan hanya berdasarkan perkiraan. Bila perlu tanyakan kondisi jalan kepada orang yang sering atau pernah melaluinya, terutama jika akan menempuh perjalanan jauh. Perbanyak pengetahuan tentang jalur alternatif. Situs penyedia peta dan arah jalan akan selalu siap jika Anda tak 'gagap' teknologi internet.

3. Banjir dan kondisi jalan berlubang juga tak boleh luput dari perhatian kita. Jalanan yang tertutup air ataupun minim penerangan di malam hari sangat berbahaya jika kita tak waspada. Sudah sepatutnya para pengemudi yang sering melakukan perjalanan jauh untuk concern soal prakiraan cuaca, dari televisi maupun radio.

4. Perhitungkan waktu tempuh. Berilah spare time setidaknya setengah hingga satu jam lebih panjang dari prediksi awal. Hal ini juga bisa menghindarkan pengemudi dari tindakan kebut-kebutan demi mengejar waktu untuk sampe ke tujuan.(kpl/bun)

0 comments:

Popular Posts