Minggu, 16 September 2012

Fungsi Synchromesh pada transmisi

hai sahabat blogger kali ini saya akan membahas tentang fungsi synchromesh pada transmisi.
Topik untuk kali ini adalah fungsi syncromesh pada transmisi. Synchromesh digunakan pada transmisi untuk mobil, jadi artikel ini khususnya hanya membahas transmisi mobil saja. Sejauh pengetahuan saya belum ada sepeda motor yang menggunakan synchromesh pada transmisi. Sebelum mengetahui fungsi synchromesh , maka pertama kali kita harus mengenal dulu synchromesh. Untuk perhatikan gambar di bawah ini !

Inilah gambar dari synchromesh , bentuknya menyerupai cincin yang terbuat dari bahan kuningan . Synchromesh ini dibuat dari bahan yang lebih lunak dari komponen – komponen transmisi lainnya , sehingga komponen ini lebih mudah rusak agar tidak merusak komponen – komponen transmisi yang lainnya. Tujuan pembuatan synchromesh dari kuningan adalah karena harga synchromesh yang jauh lebih murah dibandingkan dengan komponen – komponen transmisi yang lainnya. Sehingga jika terjadi kerusakan atau keausan , maka synchromesh akan lebih mudah rusak dan aus , sehingga pergantian komponennya tidak terlalu mahal.
Synchromesh dipasangkan di antara clutch hub dan gigi – gigi transmisi. Jumlah synchromesh tergantung pada jumlah gigi – gigi pada tranmsisi , atau tergantung pada jumlah tingkat percepatannya. Jika transmisi itu memiliki 4 percepatan dan 1 gigi mundur , maka jumlah synchromesh nya adalah 5 buah. Jika transmisi itu memiliki 5 percepatan dan 1 gigi mundur , maka jumlah synchromesh nya ada 6 buah , demikianlah seterusnya.

Fungsi synchromesh adalah untuk memperhalus perpindahan gigi pada transmisi . Cara kerjanya adalah saat pengemudi menggeser tuas transmisi dan memindahkan percepatan mobil nya. Maka tuas transmisi itu akan menggerakkan shift fork pada transmisi , yang akan diteruskan untuk menggerakan clutch hub untuk bergerak ke posisi gigi yang dituju. Misalkan perpindahan gigi ke gigi satu , maka clutch hub akan bergerak menuju gigi 1. Pada saat mesin dihidupkan , maka poros dalam tranmsi  dan gigi – gigi dalam transmisi sedang berputar. Dan ketika perpindahan gigi , maka pedal kopling akan diinjak , sehingga putaran dari mesin ke transmisi diputus . Hal ini akan membuat terjadi perbedaan putaran pada komponen – komponen dalam transmisi. Untuk itulah maka synchromesh digunakan di antara clutch hub dan gigi – gigi transmisi , yang berguna untuk menyamakan putaran antara clutch hub dan gigi yang dituju.  Sehingga perpindahan gigi atau perpindahan percepatan dapat menjadi halus dan tidak merusak komponen – komponen transmisi yang lainnya. 

0 comments:

Popular Posts