Kamis, 13 September 2012

Solusi untuk stir Mobil Daihatsu Xenia yang bunyi

Mobil Daihatsu Xenia lansiran awal, umumnya punya permasalahan klasik seperti setir berbunyi, tiap kali digerakkan atau diputar. Seperti dialami Kiki, pemilik Mobil Daihatsu Xenia 1.3 G tahun 2004.
"Bunyi yang keluar seperti ada gesekan antara dua benda," pungkas karyawati perusahaan swasta di Serpong, Tangerang ini. Lain hal nya dengan Honda Jazz.

[Image: pakettipsavanzahilangkanbunyidisetir01FN-Arseen.jpg]

Mengatasinya sebenarnya mudah. Cukup melumasi bagian bushing setir, yang letaknya dekat pedal gas dan rem sebelah bawah. Sebaiknya bersihkan permukaannya dengan kain lap bersih, supaya kotoran hilang dan pelumas bisa nempel dengan baik. Pelumas bisa pakai grease/gemuk, atau cairan penetran yang banyak dijual di pasaran.

Setelah bushing setir diberi pelumas secukupnya, coba jajal terlebih dulu dengan menggerakkan lingkar kemudi ke arah kanan-kiri dan memutarnya beberapa kali. Jika belum hilang, lumasi bagian yang kemungkinan tak tersentuh, seperti di antara celah sebelah belakangnya.

Namun jika bunyi dari setir belum hilang juga, "Berarti masalahnya berasal dari bushing setir di bagian dalam steering column. Lain halnya dengan Mobil Honda Jazz

0 comments:

Popular Posts