Untuk
motor yang memang mau di setting balap, memang ada beberapa komponen
yang harus di setting ulang, dengan kata lain di maximalkan. salah satu
komponen yang di setting biasanya adalah karburator motor tersebut. Agar kita bisa mengetahui lebih dalam mari simak tutorial penting dibawah.
Carb
adalah sebuah komponen pencampur udara v.s bahan-bakar dengan
perbandingan kesesuaian tertentu dan mengkabutkannya ke dalam ruang
bakar melewati intake manifold dan ruang porting terlebih dahulu. Cara
kerjanya mengandalkan tekanan negatif atau kevakuman silinder saat
melakukan langkah hisap. Ada dua jenis karburator, constant velocity
yang mengandalkan skep dengan yang vakum dengan menkanisme membran, dua
karburator ini memiliki keunggulan masing-masing. Yang pasti untuk balap
butuh karburator yang dapat memberikan buka tutup secara konstan, bukan
yang vacum, karena begitu mengadopsi camshaft racing dengan overlap
besar otomatis tekanan negatif piston lebih tinggi karena langkah hisap
dimulai jauh-jauh sebelum piston turun untuk langkah hisap. Karburator
vakum akan bereaksi lambat terhadap perubahan ini.
kerja
pilot jet adalah untuk mengatur idle hingga seperempat throtle open,
pada putaran menengah yang bekerja adalah sedikit pengaruh pilot jet dan
pengaruh clip position dan jarum skep v.s nozzle, pada 3/4 putaran gas
yang bekerja hanya skep karburator dan perangkatnya, sedangkan full
throtle murni tugas main jet.
Tujuan
set up karburator sebenernya simple, mencari campuran molekul udara
terhadap bahan bakar yang ideal guna membentuk senyawa yang mudah untuk
dipantik busi dan memiliki potensi yang kuat untuk diledakkan.
Perbandingan tertentu akan menghasilkan tenaga dan performa yang
berbeda.
AFR
13 : 1 = adalah perbandingan untuk performa, dengan sedikit basah namun
keluran tenaga dapat optimal meski sisi ekonomis bahan bakar
dikorbankan
AFR
15 : 1 = perbandingan kurus yang akan menghasilkan pemakaian
bahan-bakar lebih ekonomis namun dengan resiko panas mesin berlebih
cenderung menuju overheating
Oleh
karena itu untuk sedikit membantu, berikut adalah tabel jetting
karburator motor-motor yang ada di Indonesia, ukuran spuyer yang ingin
dicari, tukar-menukar pilot jet-main jet untuk mencari setelan yang pas,
oke deh tanpa banyak kata… selamat menikmati riset karburator kawan!
k N no. 26-28, Waru , sidoarjo
0 comments:
Posting Komentar