Visco Fan Radiator
Fan / Kipas radiator mesin mobil biasanya terdiri dari Kipas Elektrik dan Kipas Manual alias diputar oleh mesin, untuk kipas jenis elektrik diperlukan sebuah sensor temperatur untuk meng On/OFF kan kipas/fan
sesuai dengan temperatur kerja mesin melalui relay FAN, sedangkan untuk
jenis kipas manual yang berputar seiring putaran mesin terdiri dari
kipas yang terhubung langsung dengan mesin serta jenis kipas yang
memanfaatkan kekentalan/viskositas zilikon atau sering disebut Visco Fan.
Prinsip kerja kipas visco(Visco Fan) tidak berbeda
jauh ama kipas manual mobil lama, yakni mengikuti putaran mesin, tetapi
visco fan didalamnya memiliki sebuah pengatur otomatis kecepatan putaran
baling-balingnya sesuai temperatur radiator mesin dengan memanfaatkan
bimetal yang sensitif terhadap perubahan temperatur untuk membuka atau
menutup saluran silikon di dalam visco fan sesuai dengan panas yang
diterima dari radiator.
Pada saat suhu radiator dingin maka baling2 kipas berputar lebih
rendah dari pulley kipas(selip) sehingga temperatur kerja mesin cepat
tercapai, sedangkan pada saat mesin temperatur panas maka kecepatan
baling2 visco fan akan berputar sama dengan putaran pulley kipas.
Sehingga pada saat mesin mati, kipas visco akan dapat kita putar
tanpa mesin ikut berputar. Untuk putaran yang terlalu ringan tanpa beban
biasanya disebabkan oleh silikon di dalam visco yang kurang atau habis.
0 comments:
Posting Komentar