Jumat, 21 September 2012

Visco Fan Radiator

 

Fan / Kipas radiator mesin mobil biasanya terdiri dari Kipas Elektrik dan Kipas Manual alias diputar oleh mesin, untuk kipas jenis elektrik diperlukan sebuah sensor temperatur untuk meng On/OFF kan kipas/fan sesuai dengan temperatur kerja mesin melalui relay FAN, sedangkan untuk jenis kipas manual yang berputar seiring putaran mesin terdiri dari kipas yang terhubung langsung dengan mesin serta jenis kipas yang memanfaatkan kekentalan/viskositas  zilikon atau sering disebut Visco Fan.

Prinsip kerja kipas visco(Visco Fan) tidak berbeda jauh ama kipas manual mobil lama, yakni mengikuti putaran mesin, tetapi visco fan didalamnya memiliki sebuah pengatur otomatis kecepatan putaran baling-balingnya sesuai temperatur radiator mesin dengan memanfaatkan bimetal yang sensitif terhadap perubahan temperatur untuk membuka atau menutup saluran silikon di dalam visco fan sesuai dengan panas yang diterima dari radiator.

Pada saat suhu radiator dingin maka baling2 kipas berputar lebih rendah dari pulley kipas(selip) sehingga temperatur kerja mesin cepat tercapai, sedangkan pada saat mesin temperatur panas maka kecepatan baling2 visco fan akan berputar sama dengan putaran pulley kipas.

Sehingga pada saat mesin mati, kipas visco akan dapat kita putar tanpa mesin ikut berputar. Untuk putaran yang terlalu ringan tanpa beban biasanya disebabkan oleh silikon di dalam visco yang kurang atau habis.

0 comments:

Popular Posts