Jakarta, Otomotif – Anda kurang puas dengan suara yang dihasilkan atau bahkan
performa yang dihasilkan knalpot sepeda motor anda standar ?? jangan
khawatir anda bisa menggantinya dengan versi terbaru yaitu custom. Ini
tidak bisa dilakukan dengan sembarangan ada beberapa tahapan dan teori
yang harus dipelajari dulu, agar performa dan estetikanya tetap terjaga.
Berikut tips pemasangannya :
Paling
mudah dan simple, yaitu menyesuaikan besaran kapasitas (CC) mesin dengan
diameter lubang knalpot custom. Example: bebek 100 cc, diameter knalpot
tidak boleh lebih dari 1,25 inci. Dan untuk jenis sport 150 cc maksimal
itu 1,5 inci. Jika berkapasitas 250 cc, diameter lubangnya cocok 2
inci. Mengapa diameter lubang sangat diperhatikan ? supaya suara dan
performa motor anda lebih bagus.
Tidak
hanya diameter lubang yang diperhatikan, saringan knalpot juga sangat
menentukan suara dan performa motor. Jika terdapat benjolan nafas akan
lebih panjang (torsi kecil, nafas panjang). Sebenarnya jika saringan
yang polos sesuai dengan diameter lubang, motor akan memiliki tenaga
yang besar tetapi akan menghasilkan nafas yang pendek.
Suara
yang dihasilkan bergantung pada bahan dan ketebalan glasswool. Semakin
padat dan bahannya berkualitas, suara akan semakin bulat dan berisik.
Tetapi suara yang tarlalu bising akan mengganggu orang lain dan akan
ditindak tegas. Batas kebisingannya 80-175 cc adalah 83 Db, sedangkan
motor diatas 175 cc adalah 80 Db.
Jika
anda terlalu khawatir menimbulkan dampak yang tidak bagus pada mesin,
anda bisa memainkan pilot jet, spuyer, atau stelan lainnya di bagian
karburator. Tetapi pada umumnya, stelan ini jarang bahkan tidak pernah
digunakan karena efek negatif yang dihasilkan dari knalpot custom tidak
begitu signifikan untuk mesin.
Perhatikan
juga panjangnya leher angsa. Ada hitungan khusus dengan spesifikasi
mesin. Jika terlalu panjang, mesin akan cepat panas. Jika kependekan,
tenaganya jadi berkurang.
Dengan
perhitungan yang benar dan pas, knalpot custom biasanya mampu
mendongkrak tenaga 1 PS, dan bisa didapat pada RPM lebih rendah. Yang
artinya akselerasi bertambah, tanpa harus di stel ulang karburatornya.
Kalau disertakan sedikit stelan, tenaga bisa naik dua kali lipat. Tetap
jika ditambahkan porting cylinder head dan memainkan noken as, akan
lebih banyak tenaga yang menyembur keluar. Demikianlah beberapa tips
pemasangan knalpot custom, selamat mencoba.
0 comments:
Posting Komentar