Rabu, 26 September 2012

Cara Memasang Kampas Kopling Motor Bebek

Untuk menghindari kopling selip, biasanya mekanik menyarankan mengganti salah satu dari kedua komponen (kampas dan per kopling) pakai produk yang performanya lebih tinggi dari bawaan motor. Malah kalau bisa sekalian dua-duanya diganti.
Misal per diganti yang tegangannya lebih keras dari standar. Dengan sasaran agar dorongannya pada pelat penekan rumah kopling lebih kuat. Sehingga cengkraman pelat gerek terhadap kampas kopling lebih menggigit. Alhasil saat gas dibejek untuk berakselerasi, risiko terjadinya power lost akibat kopling selip bisa diminimalkan.
Lalu kampas kopling, biasanya dipilih yang bahan kampasnya lebih kuat mencengkram pelat gesek. Sehingga tidak mudah selip. Namun pemakaian kedua part ini punya konsekuensi juga lo!
Biasanya kampas kopling racing menganut bahan lebih lembut. Sehingga lebih cepat habis ketimbang standarnya. Sedang per kopling aftermarket yang umumnya lebih keras dari standar, akan membuat angkatan kopling jadi sedikit lebih keras.
Untuk motor penganut kopling manual, buat yang belum terbiasa akan membuat tangan cepat pegel. Solusinya, sebaiknya diskusi ke mekanik berpengalaman tentang per kopling racing yang cocok alias gak megelin buat motor harian.
Di pasaran, kampas dan perkopling racing tersedia TDR, CLD, TK, Daytona, Kitaco dan Kawahara. Harga juga bervariatif, dari Rp 88-250 ribuan. Sedang untuk per kopling dibanderol Rp 70-250 ribuan/set.
Cara Pasang
Pasangnya? “Mudah kok dikerjakan sendiri,”
Oke, untuk praktiknya kita coba di Yamaha Jupiter Z 2008.
Pertama, tap atau keluarkan oli mesin dengan membuka baut pembuangan oli pakai kunci 14 mm (gbr.1). Lalu buka baut kick starter dengan kunci 10 mm dan gunakan kunci ring 12 mm untuk membuka 4 baut footstep di kolong mesin.
Lalu, buka semua baut bak kanan mesin sebelah kanan pakai kunci T8 (gbr.2) diikuti menarik keluar bak itu secara perlahan. Dari sini, akan terlihat rumah kampas kopling dan perangkat lainnya.
Lanjutkan buka 4 baut penahan per kopling dengan kunci T10 secara menyilang dan perlahan (gbr.3). Awas, per kopling loncat! Cukup sampai di sini bagi yang hanya mau ganti per koplingnya saja.
Nah buat yang mau sekalian ganti kampas kopling, lanjut buka baut bandul dekat rumah kampas kopling pakai kunci T8 (gbr.4).
Lepas baut tengah rumah kopling pake kunci ring 17 mm (gbr.5) dan juga baut bandul dengan kunci ring 14 mm. Kalo sudah lepas dari posisinya, tinggal memasang kampas kopling racing tadi ke rumah kopling dengan pelat gesek secara bergantian.
Selesai? Sek`rang rakit lagi seperti semula. Saat memasang rumah kopling dan bandulnya usahakan secara bersamaan, agar lebih mudah memasukkannya.

0 comments:

Popular Posts