Sabtu, 08 September 2012

Cara Cek Alternator


Cara Mudah Cek Alternator


Alternator mobil atau dinamo amper adalah peralatan elektromekanis yang merubah energi mekanik atau energi gerak menjadi energi listrik arus bolak-balik.

Generator listrik arus bolak-balik disebut dengan alternator, tetapi pengertian Alternator yang berlaku secara umum adalah generator listrik pada mesin mobil untuk mensuplai kebutuhan listrik kendaraan. 

Cara mengetahui kerja atau kondisi Alternator/Dinamo Amper dengan mudah
  1. Untuk hasil maksimal gunakan voltmeter atau tang amper. Dengan alat ini, performa aktual alternator bisa terdeteksi. Baik besarnya hambatan antara kabel dari Alternator ke Aki, serta tegangan yang dihasilkan oleh Alternator Mobil.
  1. Dengan melihat indikator di dashboard yang berlambang aki. Ketika indikator aki itu menyala saat mesin hidup, berarti alternatornya kurang optimal dalam melakukan pengisian aki. Tetapi belum tentu juga karena sirkuit untuk lampu chg dengan sirkuit terminal F Alternator terpisah
  1. Hidupkan mobil atau sekedar kunci kontak posisi ON kemudian Anda ambil besi yang agak panjang kemudian besi tersebut tempelkan ke dinamo amper atau alternator, kalau ada semacam tarikan magnet dari dinamo amper dan cukup kuat maka dinamo amper atau alternator mobil kita dalam keadaan bagus.

Hati - hati cara periksa kondisi atau kerja alternator dengan menaruh besi di dekat Alternator yang sedang berputar dengan mesin mobil tidak di anjurkan karena berbahaya.

0 comments:

Popular Posts