Hari ini Manut dari Otomotif habis test drive
mobil Avanza gua dan janjinya liputan ini sudah ada di Otomotif hari
Rabu 2 Agustus 2006.
Menurut Manut, sendat sudah tidak terasa lagi. Pada saat ECU fuel cut di RPM 1500, sendat terjadi dengan halus.
Mudah-mudahan tips ini bisa berguna untuk para
pemilik Mobil Daihatsu Avanza & Xenia yang selama ini merasa
terganggu dengan problem ini tanpa ada solusi dari ATPM.
Pesan untuk Toyota : Pak, kalau mau tau sendat
yang normal tolong ketempat saya dan test drive mobil saya. Sekalian
saya traktir makan siang. Dijamin, perut kenyang dan tidak takut mabok
lagi kalau naik Mobil Daihatsu Avanza & Xenia.
Cara menghilangkan Sendat ada 2 langkah
Langkah 1 : mengurangi volume ruang filter
udara. Sendat terjadi pada saat fuel cut dimana pada saat terjadinya
fuel cut bensin sedikit tetapi udara banyak. Akibatnya, mesin terasa
di"cekik" bensinnya. Pengurangan ruang filter udara yang saya lakukan
adalah dengan menempelkan busa peredam pada dinding atas dan bawah ruang
filter.
Pada ruang filter no.1 (lihat gambar) , diberi 3
lapis busa peredam. Ruang filter no.2 diberi 2 lapis busa peredam.
Ruang filter no.2 adalah posisi filter udara berada. sedangkan ruang
filter no.1 adalah ruang yang berhubungan langsung dengan masuknya udara
melalui belalai filter.
Sedangkan pada dinding dasar ruang filter,
cukup diberi 1 lapisan busa peredam. Pemberian busa peredam pada ruang
filter dekat intake tidak diharuskan.
Langkah 2 : Pemasangan Proxima Turbo Jet
Accelerator tipe S-300T. Alat ini diklaim oleh penjualnya mampu menambah
tenaga dan torsi serta menghemat BBM. Harga alat ini Rp.1,5 juta
termasuk pemasangan.
Alat ini baru bekerja pada RPM 2000 keatas.
Baling-baling berputar karena daya hisap dari intake. Alat ini berguna
untuk memadatkan volume udara pada saat RPM diatas 2000 RPM sehingga
mesin tidak kehabisan "nafas".
Pada saat tidak bekerja di RPM bawah,
baling-baling menghambat aliran udara yang masuk kerumah filter udara.
Hal ini membuat jumlah udara yang masuk berkurang sehingga membuat
campuran menjadi rich dan mengurangi sendat.
Hasil test drive Langkah 1 : Sendat hilang sampai 60%.
Hasil test drive Langkah 2 : Sendat hilang juga sampai 60%.
Hasil test drive dengan penggabungan Langkah 1
dan Langkah 2 : sendat hilang sampai 90%. Kenapa hanya 90%? karena
sendat hanya ditemukan jika mobil kita jalankan dengan waktu lama di RPM
1500 pada gigi 1 atau 2. RPM akan hunting, kemungkinan ini terjadi
karena ECU melakukan fuel cut di RPM 1500 ini. Tetapi jika dipakai
normal, sendat ini tidak terjadi karena sangat jarang kita mengendarai
mobil ini di RPM 1500 dengan waktu yang lama atau lebih dari 10 detik.
Tips ini juga bisa diterapkan pada Mobil
Daihatsu Avanza & Xenia VVT-i krn ternyata masih ditemukan sendat
pada mobil canggih ini.
0 comments:
Posting Komentar