pada dasarnya suspensi adalah komponen yang bertugas meredam
getaran, hentakan dari kondisi jalan yang dilewati oleh kendaraan
tersebut sehingga menjadikan lebih nyaman!
ok, untuk lebih jelas kita cek gambar berikut:
kali
ini kita akan membahas suspensi tipe independen(bebas), yang dimaksud
independen atau bebas adalah karena tiap roda kanan ataupun kiri tidak
saling berhubungan atau satu poros..
suspensi depan!!!
– tipe machpherson
ini adalah suspensi tipe bebas, perhatikan kanan dan kiri roda tidak
saling menopang! setiap roda diberikan lengan(bagian bawah) + pegas +
shock absorber! bagian tengah adalah bagian yang menempel kebody atau
sasis kendaraan!
konstruksinya tidak terlalu rumit dan hanya digunakan pada kendaraan ringan seperti sedan.
– tipe machpherson dengan lengan berbentuk L
bedanya dari yang machpherson biasa adalah adalah tanpa adanya stut bar!!
mobil sedan sering menggunakan tipe ini.
– tipe double wishbone dengan pegas coil
suspensi ini memiliki kekuatan yang kokoh karena ada 2 lengan, bagian
atas dan bawah, dengan begitu tekanan dari samping atas maupun depan
dapat teredam dengan baik!!
biasa dipakai pada kendaraan penumpang!!
– tipe double wishbone dengan pegas batang torsi
pegas
digantikan oleh pegas torsi yang berbentuk seperti pipa bulat
memanjang, cara kerjanya dia akan berputar saat berpegas, daya putar
balik itu merupakan daya pegasnya. izusu panther memakai suspensi ini.
– pegas daun paralel
ini sering dipakai pada kendaraan berat atau bermuatan!!
ini adalah suspensi bila kendaraan ini berpenggerak roda depan! suzuki katana memakai sistem ini.
suspensi belakang
– tipe daun pegas paralel
tipe ini dipakai pada kendaraan yang menekankan kekuatan! atau kendaraan angkutan barang!
truk, bis..
– tipe 4 link
ada 4 titik penopang yang membantu suspensi ini, lengan atas, lengan bawah, lateral control rod dan stabilizer!!
cukup nyaman, walaupun dengan gardan konvesional!! sedan lama sering menggunakan ini..
– tipe semi trailing
suspensi ini tergolong kuat!!
sehingga kedaraan penumpang sering mengaplikasikannya!!
– double wishbone
suspensi ini cukup kuat, sehingga banyak digunakan pada kendaraan penumpang!!
– tipe strut dual link
tipe ini lumayan lentur, lumayan nyaman, dan konstruksi ringan!
– trailing arm dengan twist beam
dengan model sederhana tetapi dengan kualitas redaman cukup baik dan ringan!!
– tipe pegas daun paralel dengan helper spring
ini mereupakan suspensi kendaraan bermuatan besar!!
semoga bermanfaat!!
from : http://agungsevi.wordpress.com
0 comments:
Posting Komentar