Minggu, 16 September 2012

Mobil Baru Yang Murah

Mobil Daihatsu Siap Diluncurkan, Harga Rp100 Jt-an

Daihatsu Ayla bakal hadir dengan pilihan lima varian.

Sabtu, 15 September 2012, 05:47 Sandy Adam Mahaputra
A-Concept, cikal bakal mobil murah Daihatsu di Indonesia yang pernah dipamerkan pada IIMS tahun lalu

VIVAnews - Kehadiran mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) Daihatsu sudah semakin dekat. Dalam hitungan hari, citycar yang diberinama Ayla itu akan dipamerkan ke publik bersamaan juga dengan Toyota Agya.

Dua mobil murah ini merupakan hasil kolaborasi Astra Daihatsu Motor (ADM) dan Toyota Astra Motor (TAM). Mobil berjenis city car yang diproduksi di pabrik Astra Daihatsu Motor, Sunter, Jakarta Utara, itu ditengarai mengusung mesin bensin tiga silinder berkapasitas 1.000 cc VVT-I dengan daya maksimal 68 hp dan torsi 93 Nm.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sendiri diketahui sudah mendaftarkan TPT (Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan) Ayla ke Kementerian Perindustrian. Daihatsu menggunakan kode "DAIHATSU B100RS" untuk mobil murahnya tersebut.

Ada empat tipe mobil murah yang didaftarkan Daihatsu, itu artinya Ayla bakal hadir dengan pilihan lima varian, mulai dari terendah, menengah hingga tertinggi (transmisi manual dan otomatis). Diprediksi untuk harga Ayla versi terendah akan dibanderol Rp75 juta, sedangkan versi tertingginya sekitar Rp100 juta.

Soal konsumsi bahan bakarnya, citycar ini diproyeksikan mencapai 22–30 km/liter. Mobil mungil tersebut juga mempunyai tingkat kenyamanan yang baik.

Mobil ini memiliki kandungan komponen lokal 85 persen, sesuai yang disyaratkan pemerintah dalam kebijakan mobil rendah biaya dan ramah lingkungan (LCGC).

Kolaborasi ketiga antara Toyota-Daihatsu--setelah sebelumnya menciptakan Avanza-Xenia dan Rush-Terios, akan diumumkan langsung oleh PT Astra International Tbk (Grup Astra) Rabu pekan depan.

Berdasarkan undangan yang diterima VIVAnews, pengumuman kolaborasi akan disampaikan oleh Presiden Direktur PT Astra International, Prijono Sugiarto. Bahkan dihadiri langsung oleh Vice President Toyota Motor Corporation Yukitoshi Funo dan Presiden Daihatsu Motor Company Koichi Ina.

Kelak kedua mobil itu memiliki segmen berbeda. Daihatsu menyasar ke menengah bawah sedangkan Toyota menengah atas, sama halnya dengan Avanza dan Xenia.
Daihatsu Ayla dan Toyota Agya akan diperkenalkan 19 September atau sehari menjelang pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012.

0 comments:

Popular Posts