Minggu, 16 September 2012

Mengenal Sekering yang digunakan pada kendaraan

Sekering adalah komponen kelistrikan yang berguna untuk menjaga komponen - komponen kelistrikan lainnya dari kerusakan yang disebabkan karena arus listrik yang berlebihan . Kapasitas sekering biasanya tertera pada bagian luar dari sekering tersebut. Apabila arus listrik yang mengalir dalam sekering melebihi kapasitas kemampuan sekering tersebut,  maka logam dalam sekering tersebut akan mencair sehingga sekering akan memutuskan aliran listrik.
Sekering yang digunakan pada otomotif terdiri atas 3 macam :
  • Sekering tabung ; sekering ini berbentuk tabung kaca , namun memiliki kelemahan yaitu mudah pecah karena ada bagian yang terbuat dari kaca.  
  • Sekering model blade : sekering inilah yang sekarang paling banyak digunakan pada kendaraan otomotif keluaran terbaru, karena tidak mudah pecah di mana bahan pembungkus sekeringnya terbuat dari plastik, serta memiliki kelebihan lainnya yaitu lebih ringan , bagian yang berhubungan lebih luas dan lebih tahan terhadap arus yang terputus - putus.
  • Fusible link : adalah sekering utama dari mobil yang dipasangkan antara termminal positir baterai dan box sekering , jadi ini adalah sekering induk dari sebuah mobil ;. Sekering ini terbuat dari sebuah kabel campuran tambaga.
Demikianlah pengenalan mula - mula tentang sekering yang digunakan pada kendaraan otomotif . Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan otomotif Anda.

0 comments:

Popular Posts