Jumat, 07 September 2012

10 MOBIL TER - IRIT VERSI FORBES

Tahukah anda bahwa ternyata ada beberapa mobil yang termasuk dalam kategori teririt. Mungkin banyak diantara anda yang belum mengetahuinya. Hal ini penting bagi anda yang sedang mencari dan berencana membeli mobil yang memang sangat irit. Dalam info ini, akan kami suguhkan hal ini kepada anda. Penasaran?simak selengkapnya dibawah ini


Audi A3 (REUTERS/ Valentin Flauraud) 

Hyundai Sonata (Sarah Tew/CNET) 
Seiring terus naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) di seluruh dunia, para produsen mobil mengambil langkah cerdas untuk menghadirkan mobil-mobil dengan konsumsi bahan bakar yang irit

Dilansir dari majalah Forbes, Kamis 22 Maret 2012, produsen mobil telah mengambil kebijakan ini sejak harga bahan bakar minyak melambung pada 2008. Mereka mensiasati setiap mobil mereka lebih irit 16 persen dari generasi sebelumnya.

Alhasil, beberapa ubahan dilakukan produsen mobil dengan mengganti kompartemen mesin besar menjadi lebih kecil. Namun, mesin dengan kapasitas lebih kecil disiasati dengan tambahansupercharged yang mampu menghembuskan tenaga sama baiknya dari pendahulunya.
"Lonjakan harga bahan bakar minyak pada 2008 seakan membuat sadar para produsen otomotif untuk menghadirkan kendaraan yang lebih irit bahan bakar kepada konsumen," kata salah satu analisis dari media online di Amerika, Ivan Drury.
Berikut daftar 10 MOBIL TER - IRIT VERSI FORBES versi Forbes:


1. Audi A3
Mobil pabrikan Jerman ini melakukan pembenahan untuk konsumsi bahan bakarnya. Dengan mesin diesel turbocharged terbaru, mobil ini meminum bahan bakar 12,3 km/liter.


2. Chevrolet Equinox
Sadar akan konsumsi bahan bakarnya yang boros, Chevy Equinox menggantu mesin V6 menjadi mesin berkapasitas 2.0-liter, 4 silinder segaris dengan transmisi 6-percepatan terbaru yang lebih efisien. Konsumsi bahan bakar Equinox menjadi 8,1 km/liter.

3. KIA Sorento
KIA melakukan ubahan pada Sport Utility Vehicle (SUV) menengahnya, KIA Sorento. Mobil ini berganti mesin menjadi 2.4-liter, 4 silinder untuk varian standarnya, dan mesin V6 sebagai mesin pilihan lainnya. Sorento lebih irit 30 persen atau 2,12 km/liter dari pendahulunya yang kini menjadi 9,35 km/liter.

4. Dodge Challenger
'Muscle car' ini menggunakan mesin V6 baru dengan tenaga 305 hp. Konsumsi bahan bakarnya pun melonjak lebih irit dari 6,38 km/liter menjadi 8,1 km/liter.


5. Mercedes-Benz SLK
Sportcar convertible ini menggunakan mesin 4-silinder baru bertenaga 201 hp. Mercedes-Benz SLK memiliki dua varian mesin, yakni mesin V6 3.5-liter dan V8 berkapasitas 5.5-liter yang lebih irit bahan bakar. Itu berkat teknologi direct fuel injection, sehingga konsumsi bahan bakar membaik dari 7,6 km/liter menjadi 9,8 km/liter.

6. Ford Explorer

Mobil ini memiliki bobot bodi lebih ringan sehingga menambah aerodinamis. Explorer memiliki dua pilihan mesin, yakni V6 berkapastitas 3.5-liter dengan tenaga 290 hp, dan mesin 4 silinder berkapasitas 2.0 liter bertenaga 240 hp turbocharged. Kedua mesin tersebut dikawinkan dengan dengan transmisi 6-percepatan otomatis.

Bila melintas di jalanan kota, konsumsi bahan bakar SUV ini 1 liter untuk jarak 7,6 kilometer. Sedangkan di jalan bebas hambatan 1 liter bahan bakar untuk jarak 10,9 kilometer.

7. Hyundai Sonata
Hyundai mendesain ulang mesin 4 silinder milik Sonata pada 2011 silam. Mesin pendahulunya berkapasitas 2.4-liter dengan tenaga 198 hp, berganti menjadi 2.0-liter turbocharged. Namun tenaganya melonjak menjadi 274 hp. Berkat perubahan ini, bobot mobil pun berkurang dan efisiensi bahan bakar meningkat 26 persen menjadi 12 km/liter. Sementara Sonata Hybrid meminum bensin 17 km/liter.

8. Porsche Cayenne
Sport Utility Vehicle (SUV) Porshe Cayenne mengalami penurunan bobot sebesar 181 kg. Tenaganya pun bertambah menjadi 380 hp berkat mesin hybrid yang membukukan konsumsi bahan bakar 9 km/liter. Secara keseluruhan, konsumsi bahan bakar Cayenne meningkat 25 persen.

9. Buick Lacrosse
Buick Lacrosse yang satu grup dengan General Motor ini, mengalami lonjakan bahan bakar lebih irit sebesar 24 persen. Rahasianya pada perubahan yang diberi nama 'eAssist' dengan mesin hybrid 2.4-liter, 4 silinder, motor listrik kecil serta baterai lithium. Secara keseluruhan mobil ini membukukan efisiensi bahan bakar 11 km/liter.

10. Volkswagen Passat
Dengan mesin diesel turbocharged terbaru, mobil ini membukukan konsumsi bahan bakar 18,3 km/liter. VW Passat TDI diestimasi mampu melaju hingga jarak 1.300 km. Angka ini menjadikannya lebih irit 24 persen ketimbang pendahulunya.

Bagaimana, yang manakah selera anda?semoga apa yang telah kami informasikan kali ini bermanfaat bagi anda. jangan anda lewatkan informasi menarik lainnya dari www.otomotif-kita.blogspot.com

0 comments:

Popular Posts